Translater / Terjemahkan

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Input Postingan yang ingin anda cari disini


Senin, 08 Oktober 2012

Pelatihan "Manajemen Kelas" Oleh KPI Surabaya


Pada hari senin, 08 Oktober 2012, bertempat diruang perpustakaan sekolah islam bunga bangsa, berlangsung pelatihan Manajemen kelas yang diikuti oleh Guru SD dan SMP Islam Bunga Bangsa sebanyak ± 28 guru. dengan pemberi materi oleh Konsorsium Pendidikan Islam Surabaya. Adapun tujuan dari pelatihan ini agar guru menjadi paham dan mengerti  Bagaimana memposisikan diri didalam satu lembaga termasuk penerapan ke anak-anak dikelas. dengan kerjasama yang kompak tujuan pembelajaran bisa tercapai. 

Materi Pelatihan disampaikan oleh : Ustadz Misbachul Munir, S.Pd dan Drs. Edi Setyatmoko, MM
Manajemen kelas merupakan bagian integral pengajaran efektif yang mencegah masalah perilaku melalui perencanaan, pengelolaan, dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, dan interaksi guru siswa yang lebih baik, membidik pada pengoptimalan keterlibatan dan kerjasama siswa dalam belajar. Teknik kontrol perilaku atau pendisiplinan pada akhirnya akan tidak terlalu efektif karena teknik tersebut tidak mendorong perkembangan disiplin diri atau tanggung jawab anak sendiri atas tindakannya. Untuk Itu Nilai-nilai dan ketrampilan sosial harus diajarkan dan dicontohkan oleh guru yang bersangkutan.


Seorang pendidik atau guru perlu menguasai banyak faktor yang mempengaruhi motivasi, prestasi dan perilaku siswa mereka. Lingkungan fisik di kelas, level kenyamanan emosi yang dialami siswa dan kualitas komunikasi antar guru dan siswa merupakan faktor penting yang bisa memampukan atau menghambat pembelajaran yang optimal. Guru bertanggung jawab untuk berbagai siswa, termasuk mereka dari keluarga yang  mampu atau kurang beruntung,  atau mereka yang berasal dari kelompok minoritas etnis, bahasa, mereka dengan berbagai kesulitan atau kecacatan belajar. Tak satupun dari situasi atau faktor ini harus menyebabkan masalah pendidikan, namun anak-anak ini mungkin beresiko mendapatkan pengalaman sekolah yang negatif dan tak bermakna jika guru tidak responsif terhadap kebutuhan dan kemampuan mereka atau mampu menggunakan pengajaran dan strategi kelas yang efektif dan disesuaikan menurut individu

Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan (tanggal 8 s/d 10 Oktober 2012) dengan materi pelatihan sebagai berikut :
Pertemuan hari pertama : Desain Kelas / Kelas Ideal / Kelas Impian
Pertemuan hari kedua    : Prosedur dan konsekwensi logis
Pertemuan hari ketiga    : Penegakan Peraturan dan Karakter