Sehari Bersama Rasulullah di Bunga Bangsa Islamic Primary School Samarinda

Dokumentasi : Juhri dan Jordi

Ketika memasuki bulan Rabi’ul Awal, umat Islam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan berbagai cara, baik dengan cara yang sederhana maupun dengan cara yang cukup meriah. Pembacaan Shalawat,  dan pengajian-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi Muhammad SAW menghiasi hari-hari bulan itu. Jadi pada hakikatnya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW itu merupakan bentuk pengungkapan rasa senang dan syukur atas terutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAWdi Bunga Bangsa merupakan kegiatan yang telah rutin dilaksanakan setiap tahunannya. Perayaan ini dijadikan sebagai momen akan kecintaan kita selaku umatnya terhadap Rasulullah SAW. Kamis, 28 Rabiul Awal 1435 Hijriah, yang bertepatan tanggal 30 Januari 2014 bertempat di aula SD Islam Bunga Bangsa berlangsung peringatan Maulid Nabi Besar "Muhammad SAW" dengan tema "Sehari Bersama Rasulullah"-Kita tingkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dengan memperbanyak membaca Shalawat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan ridho-Nya kepada kita semua dalam upaya meneladani pribadi dan kehidupan beliau. Ucap Ustadz Fadholi, S.PdI Wakil Kepala Sekolah Bidan Diniyah dan penanggung jawab inti kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2014.

Acara Peringatan Maulid Nabi yang berlangsung dari pagi hingga sore, dibuka secara Resmi oleh Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa Bapak Supriyadi, S.E
Dari Penjelasan Ibu Suci Rani Fatmawati, selaku PJ Acara, Peringatan Maulid kali ini dikemas dalam bentuk:
  1. Perlombaan Senandung Shalawat Nabi mulai dari level satu hingga level enam dengan senandung Wajib Tholaal Badru dan Pilihan Adalah Shalawat Bebas untuk meneladani beliau seperti firman Allah Pada Qur'an Surah Al Ahzab Ayat 56;
Ayat 56. [20] Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi [21]. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya[22].
Tafsir:
[20] Ayat ini mengingatkan tentang sempurnanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tingginya derajat Beliau, demikian pula kedudukannya di sisi Allah dan di hadapan makhluk-Nya serta tinggi namanya.
[21] Yakni Allah memuji Beliau di hadapan para malaikat, karena Allah cinta kepada Beliau, para malaikat yang didekatkan pun memuji Beliau serta mendoakannya.
[22] Karena mengikuti Allah dan para malaikat-Nya serta sebagai balasan terhadap jasanya, sekaligus untuk menyempurnakan iman kita, sebagai bentuk pemuliaan terhadap Beliau, penghormatan dan kecintaan kepada Beliau serta untuk menambah kebaikan kita, menghapuskan kesalahan kita. Ucapan shalawat dan salam yang terbaik adalah yang Beliau ajarkan kepada para sahabatnya, yaitu yang biasa kita baca dalam tasyahud. Bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diperintahkan dalam setiap waktu, terutama sekali ketika nama Beliau disebut, dalam shalat setelah tasyahhud, takbir kedua dalam shalat janazah, masuk dan keluar masjid, dalam qunut witir, pada siang dan malam Jum’at, setelah mendengar azan, dalam dzikr pagi dan petang, dan sebelum berdoa, dan duduk di suatu majlis (sebagaimana diterangkan dalam beberapa hadits). Demikian pula dalam khutbah dan mukaddimah (pengantar).
  1. Berbagi (Aplikasi sifat berbagi/bersedekah) dalam bentuk buahan-buahan yang dibedakan disetiap jenjang levelnya kelas 1 buah  membawa buah pear 2 buah, kelas 2 jeruk santang 1/2 kg, kelas 3 buah kelengkeng 1/4 kg, kelas 4 Buah Apel 2 Buah, kelas 5 dan 6 membawa buah anggur 1/4 Kg.  pesan moral yang ingin diajarkan agar siswa termotifasi untuk berinfaq, kemudian dalam memberi tidak mengharapkan imbalan ataupun mengungkit-ungkit apa yang telah diberikan, apalagi sampai menyakiti perasaan orang yang diberi. seperti firman Allah dalam surah Al-Baqarah Ayat 262 ;
 Ayat 262,“Orang-orang yang menafkahkan harta mereka di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan tidak pula mengganggu (menyakiti perasaan), bagi mereka pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

Buah yang diperoleh kemudian kembali dibagikan kepada semua siswa untuk dinikmati bersama dan juga dibagikan kepada guru dan karyawan SD Islam Bunga Bangsa "Indahnya Kebersamaan"
  1. Penampilan ceramah dan tilawah  oleh Club Dai Cilik SDIBB Raihan Aditya Efendi Siswa kelas 3 Imam Malik dan Tilawah  oleh M.Firdaus Islamudin kelas 6 Mahakam (juara 1 Murrotal Al-Qur'an Tingkat Kota Tahun 2012)
  2. Penampilan Eskul Rebana Binaan Ustadz Mishab dan Ustadz Najamuddin serta 
  3. Tausiyah agama oleh Ustadz Habib Natsir dari Samarinda Seberang dengan hikmah yang diperoleh adalah persamaan dan perbedaan manusia dan Hewan yaitu sama-sama makan dan minum dan yang membedakan hanyalah ibadahnya. Hikmah yang disampaikan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

    Peringatan kali ini berlangsung Khidmad dan meriah dengan persembahan sholawat dari anak-anak yang mengikuti lomba dan guru yang tampil secara bergiliran. Harapan Ketua Panitia Ustad Mishuri, S.Ag agar kegiatan sehari bersama Rasulullah dengan dengan senandung Sholawat tidak hanya berlangsung sekali tapi dapat dijadikan agenda rutin agar kita selalu dapat meneladani Rasul Pilihan Muhammad SAW.

    Setelah melalui Penjurian yang terdiri dari Ustad Arifin Nurdin, S.Ag, Ustadz Mishab, S.Pdi dan Ustadz Ahmad Najmuddin, S.Pdi, diperoleh hasil sebagai berikut :

    ♥ Juara Kategori A (level 1 dan 2)
    1. Kelas 1 Edelweys
    2. Kelas 1 Sakura
    3. Kelas 2 Umar Bin Khattab
    4. Kelas 2 Ali Bin Abi Thalib

    ♥ Juara kategori B (level 3 dan 4)
    1. Kelas 3 Imam Malik
    2. Kelas 4 Al-Haitsyam
    3. Kelas 3 Imam Abu Hanifah
    4. kelas 3 Imam Syafi'i

    ♥ Kategori C (Level 5 dan 6)
    1. Kelas 6 Kahayan
    2. Kelas 6 Mahakam
    3. kelas 5 valencia
    4. Kelas 6 kapuas