Mencari dan menulis Ide Pokok Cerita

Dengan didampingi ibu Suci Rani Fatmawati S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia, Siswa kelas 5 Cordoba  melaksanakanan pembelajaran Bahasa Indonesia di Ruang Perpustakaan dengan materi Mencari Ide Pokok Cerita pada buku cerita.

Pada pertemuan kali ini siswa diwajibkan mencari ide pokok cerita pada buku yang mereka baca kemudian melaporkan isi buku yang dibaca dan  membacakan ide pokok cerita buku yang telah mereka buat secara personal.

Dari hasil pembelajaran kali ini diharapkan siswa dapat memahami ide pokok buku yang dibaca, serta dapat membuat laporan dari buku yang dibaca.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada
satu ide pokok. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Sekarang kaliam ambil 1 buku cerita yang isinya lebih dari 20 halaman dan selamata bekerja demikian ibu suci menjelaskan pada anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini.


Baca Juga : Ide pokok, Kalimat Utama, dan Kalimat Penjelas