Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Sekolah Yayasan Bunga Bangsa Islamic School


Senin, 02 Juni, 2014 bertempat diruang Sosial SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda, berlangsung kegiatan Workshop Perencanaan dan peningkatan Standar Mutu Sekolah yang diikuti oleh  Tim Manajemen di lingkungan Bunga Bangsa Islamic School ±35 orang, dari TK 3 Orang, SD 14 Orang, SMP 8 Orang, SMA 8 Orang. Yayasan 2 orang. kegiatan workshop akan berlangsung hingga 3 hari kedepan.

Ibu Elin Nurmi Murahhati selaku sekretaris eksekutif Yayasan Bunga Bangsa, menegaskan dengan diberlakukannya Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bunga Bangsa Islamic School maka para komponen Tenaga Pendidik, diharapkan terus meng-update pengetahuan agar nilai tambah dari layanan kependidikan Bunga Bangsa terus meningkat. Hal ini sejalan dengan kebutuhan akan peran Bunga Bangsa sebagai lembaga pendidikan maka perlu dimiliki sumber daya manusia yang dapat diandalkan, mempunyai Profesionalisme dalam bekerja dan dapat dipercaya.
Kegiatan workshop Peningkatan mutu sekolah, kususnya dari sisi pelayanan pendidikan, merupakan kegiatan awal dari program Yayasan Bunga Bangsa bekerja sama dengan UMI (UntukMu Indonesia) Surabaya, yang melibatkan Jajaran Manajemen Semua Unit mulai dari TK, SD, SMP dan SMA dilingkungan Bunga Bangsa Islamic School yang menghadirkan nara sumber dari UMI Surabaya yang merupakan praktisi di bidang pendidikan dan kependidikan. diantaranya, Ibu Dra. A.Isti Suryani, M.Si, M.Pd, Bapak DR.A.B. Musyafa' M.Pd.I, Bapak Musholin, M.Pdi, dan  NurTaufiqoh L., S.E

Pada pemaparan mereka disampaikan :
Langkah-langkah manajemen program yang berfokus pada customer, keterlibatan total,  Pengukuran (indikator program), Komitmen, Penyusunan Standar Operasional Procedure / Sistem Manajemen Mutu dan perbaikan berkelanjutan. pilar mutu sebagai alat Peningkatan kualitas anak didik agar menjadi sekolah favorit dilingkungan Bunga Bangsa Islamic School serta menjamin ketersediaan sumber daya manusia dengan tingkat keterampilan yang memadai.

Sebagai langkah awal untuk peningkatan kearah yang lebih baik akan dilakukan grading test kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dengan syarat sudah menjadi pegawai tetap dan pendidikan S1, seperti yang kita tahu semua didalam Undang undang pelayanan public ada penerima pelayanan dan pemberi layanan dan layanan ini menuntut kita untuk dapat memberikan yang berkualitas dalam pelayanan. Dalam workshop ini kita belum bisa di bilang meningkat kalau publik belum puas dengan out put lulusan yang diberikan oleh pemberi layanan dalam hal ini adalah sekolah.

Materi Diklat :
1. Tahapan Manajemen Program Peningkatan Mutu
2. Indikator Program
3. Komitmen dalam peningkatan mutu pendidikan
4. Penyusunan Standar Operasional Prosedure
5. Membuat Rencana Kerja
6. Sistem Manajemrn Mutu dan perbaikan berkelanjutan
7. Pilar Mutu sebagai alat peningkatan kualitas anak didik
9. Peningkatkan kemampuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian sember daya