MOS dan Pesantren Ramadhan SMP Islam Bunga Bangsa

ditulis oleh : Febby Wulandari, S,Pd

Setiap memasuki tahun ajaran baru, pada umumnya hampir di setiap sekolah menyelenggarakan kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS), yang wajib diikuti oleh setiap calon siswa. Secara teoritik, kegiatan orientasi memang memiliki tujuan yang positif, yakni membantu para calon siswa untuk mengenal dan memahami lingkungan sekolahnya yang baru, baik lingkungan fisik, seperti : ruang kelas, tempat ibadah, laboratorium dan fasilitas belajar lainnya, maupun lingkungan sosio-psikologis, seperti guru-guru, teman dan iklim serta budaya yang dikembangkan sekolah, sehingga diharapkan para calon siswa dapat segera mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di sekolahnya.

Demikian halnya dengan yang telah dilaksanakan oleh SMP Islam Bunga Bangsa pada kegiatan MOS yang bertepatan dengan bulan ramadhan. Kegiatan MOS dan pesantren Ramadhan Berlangsung sejak Tanggal 14 Juli 2014 dan berakhir pada tanggal 17 Juli 2014. Adapun Agenda MOS dan Pesantren Ramadhan kali ini adalah :
MOS kelas 7: psikotes & tes potensi akademik untuk pembagian kelas, manajemen kelas (menentukan struktur, piket, karakter, dan kontrak tatib kelas), materi dan games2 yang memperkenalkan dan mengakrabkan siswa dengan teman dan lingkungan sekolah

MOS kelas 8: manajemen kelas (menentukan struktur, piket, karakter, dan kontrak tatib kelas), materi dan games2 kerjasama dan kepemimpinan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan siswa dalam kegiatan organisasi (utamanya OSIS)

MOS kelas 9: tes diagnosa 4 mapel UN dan manajemen kelas (menentukan struktur, piket, karakter, dan kontrak tatib kelas)

Pesantren Ramadhan:
1. Materi Akhlaq Remaja dan Keutamaan Ramadhan serta Kasih Sayang antar Muslim oleh Ustazah Sumayah dari Suriah
2. Bakti Sosial: penggalangan dana di SD SMP SMA dan penyerahan bantuan peduli Gaza, yg diprakarsai anggota OSIS SMPIBB kepada KNRP, lomba dan pembagian parcel lebaran, buka bersama anak Yatim binaan DPU Kaltim, penyuluhan Puasa Sehat Pocari Sweat, dan tausyiah 

Menginap di sekolah: tarawih dan sahur bersama, kuliah subuh serta penulisan kartu ucapan puasa/lebaran.
Oia, khatmil Quran juga termasuk dlm rangkaian kegiatan menginap.