Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 4 Selalu Berhemat Energi dengan "Bio Gas"

Dokumentasi Oleh : Dyan Widya Agustina, MA

Kamis 11 September, Bertempat di Kandang Sapi Bio Gas di areal rumah kediaman Bapak H. Rusli,  Siswa(i) kelas 4 Mengamati dan mempelajari tentang Pembuatan BIOGAS dari Kotoran Sapi. Salah satu alternatif Berhemat Energi. yang merupakan pembelajaran Tematik kelas 4 tema 2 di semester 1 ini.

Alternatif hemat energi yang dapat siswa langsung pelajari di lapangan adalah Biogas, Biogas adalah gas-gas yang dihasilkan dari proses penguraian anaerob (tanpa udara) atau fermentasi dari material organik seperti kotoran hewan, lumpur kotoran, sampah padat, atau sampah terurasi secara bio. Gas utama dari proses biogas terdiri dari methane dan CO2.

Bagaimana itu caranya ...?, siswa menjadi paham bahwa  yang dibutuhkan Hanyalah memelihara seminimalnya 2 sampai 3 sapi untuk 1 Keluarga. Nah. Kotoran kotoran sapi itu yang bakalan diambil dan  prosesnya simple, hanya membutuhkan setidaknya tandon yang terpendam didalam tanah. Kotoran yang sudah kita masukkan. akan masuk ke tabung dimana proses akan dimulai. Biasanya untuk mendapatkan hasil GAS pertama kali kiat harus menunggu sekitar 1 minggu kemudian untuk selanjutnya kita hanya perlu menambahkan kotoran sapi setiap harinya.
Kemudian bagaimana kalo gasnya penuh. apa akan meledak. tidak . karena selain aman kita juga menambahkan bak control itu tadi.. jadi jika GASNYA penuh maka kotoran Sapi yang ada di bawah akan terbuang melaui bak kontrol tersebut.(bukan gasnya yang terbuang), kotoran yang keluar dari bak kontrol sudag tidak lagi berbau kotoran sapi dan  kotoran Limbah pada bak kontrol sudah siap untuk dijadikan PUPUK KANDANG. [*] 

Terus. GAS yang sudah jadi akan tertampung pada tabung itu tadi pada bagian atasnya langsung dialirkan pada KOMPIR GAS. dan gas yang keluar dari KOMPOR tidak berbau kotoran SAPI.


Gas-gas yang dihasilkan dari reaktor biogas umumnya terdiri dari [*]:
1. Methane, CH4 = 55-75%.
2. Carbon dioxide, CO2 = 25-45%.
3. Carbon monoxide, CO = 0-0,3%.
4. Nitrogen, N2 = 1-5%.
5. Hydrogen, H2 = 0-3%.
6. Hydrogen sulfide, H2S = 0,1-0,5%.
7. Oxygen, O2 = sisanya

Jika diasumsikan [*]
1. Gas methane yang dihasilkan mencapai 65% (gas-gas sisanya tidak dapat dikonversi menjadi energi).
2. Reaktor biogas memproduksi gas 2000 m³/hari.
3. Nilai kalor rendah (LHV) CH4 = 50,1 MJ/kg.
4. Densitas CH4 = 0,717 kg/m³.

Semua Sekolah Dasar (SD) sejak tahun 2013 telah  menerapkan kurikulum 2013. Untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar,  Kurikulum 2013  adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu, kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan itu.


Materi ajar disampaikan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari berbagai mata pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa. Dari pembelajaran ini diharapkan siswa mampu :
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
  • Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
  • Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.
Sumber     :  Cara Membuat Bio Gas