Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara II Tahun 2014


Secara konseptual, teknologi informasi sangat membantu pihak perpustakaan untuk membuka peluang kerjasama dalam memanfaatkan sumber informasi yang dimiliki, yaitu dengan menyediakan akses bagi perpustakaan lain ke sumber informasi miliknya dan sebaliknya mengakses informasi milik perpustakaan lain. Dengan demikian peluang suatu perpustakaan untuk dpat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka masing-masing semakin besar. 

Namun demikian paradigma pengembangan perpustakaan digital diindonesia khususnya di Kaltim dan Kaltara belum berkembang secara optimal. Kondisi ini mendorong Badan Perpustakaan Propinsi Kaltim secara berkala dan berkesinambungan menggelar kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara dengan harapan dapat membangun kesadaran dan komitmen para pemangku kepentingan untuk mendukung pengembangan perpustakaan digital diwilayah Kaltim dan Kaltara.

Untuk itu Badan Perpustakaan Propinsi Kaltim, melaksanakan kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital yang berlangsaung selama 2 hari pada tanggal 13-14 Oktober 2014, bertempat di Ruang Pustaka Utama Lantai 2, Perpustakaan Propinsi Kaltim Jalan. Ir. H.Juanda No.4 Samarinda.

Penyelenggaraan Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara, tahun 2014, pelaksanaannya dibagi atas dua kegiatan yaitu :
1. Tanggal : 13 – 14 Oktober 2014
     Jam : 08.00 – 15.30 Wita
     Tempat : Ruang Pustaka Utama,  Badan Perpustakaan Propindi Kalimantan Timur

2. Tanggal : 15 – 18 Oktober 2014
    - Perpustakaan Nasional RI di Jakarta
    - Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jawa Barat

Acara Konferensi diikuti oleh Pustakawan yang berada di wilayah Kalimantan Timur dan wilayah Kalimantan Utara, sebanyak  110 Peserta. dengan mengangkat tema "Perpustakaan DIgital, Paradigma, Konsep dan Implementasi"

Acara Konferensi di buka Oleh Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Bapak Dr.H. Sigit Mulyono,  Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan kebudayaan yang juga merupakan koordinator panitia seleksi anggota Dewan Pendidikan Kaltim.

Tujuan Pelaksanaan Konferensi "Melalui konferensi Perpustakaan Digital Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2014 ini diharapkan akan semakin terbangun kesadaran para pengelola perpustakaan akan pentingnya mewujudkan layanan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi di Kaltim".

Materi Konferensi disampaikan oleh :
  1. Kepala Badan Perpustakaan Propinsi Kaltim, Ibu Dra. Hj. Sri Sulasmi Retno W., M.Si, dengan judul materi "Strategi pengembangan perpustakaan digital di Kaltim dan Kesiapa Pelaksanaan Program Center Of Excellent Budaya Lokal Kalimantan 
  2. Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pusaka dan Jasa Informasi yang diwakili oleh Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional ibu Dra. Sri Sumekar, M.Si dengan Judul materi "Kebijakan Naisonal Pegembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesi Dalam Rangka Peningkatan Kemudahan Akses Informasi Masyarakat" 
  3. Kepala Bidang Informasi dan Otomasi, Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur, Bapak Taufik, S.Sos, M.Si, dengan judul materi "Format Pengembangan Jaringan Kerjasama Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara"
  4. Kepala Bidang Informasi dan Pelayanan, Badan Perpustakaan Propinsi Sumatera Selatan, Bapak Drs. Ishak Juarsa, M.Si, dengan judul materi "Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan Sumatera Selatan".
  5. Pengembang Aplikasi Perpustakaan Open Source Senayan (SLiMS), Bapak Hendro Wicaksono, S.Ip, dengan judul Materi "SLiMS 7 Untuk Perpustakaan"
  6. Kepala Unit Perpustakaan Bunga Bangsa, Rachmawati, A.Md, dengan judul materi "Membangun Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi"
  7. Marketing Manager  PT. Jasaraya Tama Jaya Buana, Bapak Dwi Janto Suandaru, SE, dengan Judul Materi " E-Resources untuk Mendukung Pengembangan Koleksi Perpustakaan Berbasis Digital.
Foto Bersama (dari kiri) Rachmawati, Dr. H.Sigit Wicaksono,
Dra.Hj.Sri  Hj. Sri Sulasmi Retno W., M.Si, dan 
Dra. Sri Sumekar, M.Si
Apresiasi yang tinggi diberikan kepada Badan Perpustakaan Propinsi Kalimantran Timur Semoga Kegiatan Konferensi ini bermanfaat bagi peserta Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara Tahun 2014, untuk pengembagan Perpustakaan berbasis Teknologi Informasi seperti yang diharapkan Panitia pelaksana Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara tahun 2014. Jangan sampai Salah Paradigma" Pesan  Bapak Sigit Wicaksono saat membuka acara Konferensi yang digelar.

Pada kesempatan Konferensi Kali ini, Pustakawan Bunga Bangsa Mendapat kesempatan untuk Berbagi Pengalaman mengenai Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dengan makalah dan Presentasi Sebagai Berikut.

Membangun Perpustakaan Berbasis IT


Presentasi Untuk KPDK Kaltim Dan Kaltara 13-14 September 2014





Materi-Materi Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara Tahun 2014