Manasik Haji Cilik di Islamic Center

Dokumentasi oleh : Herlina Asyari, SE


Rabu, 01 Oktober 2014 Siswa(i) PG/TK Islam Bunga Bangsa Mengikuti Kegiatan Manasik Haji CIlik, bertempat di Masjid Islamic Center, Samarinda. Ribuan anak memadati halaman islamic Center yang berasal dari seluruh TK se-kota Samarinda.

Adapun tujuan di adakannya kegiatan ini adalah mengajarkan kepada anak tentang rukun Islam yang ke 5 yaitu Menunaikan Ibadah Haji dan memotifasi kepada mereka agar dapat melaksanakan ibadah haji bila mereka dewasa nanti serta untuk menumbuhkan rasa cinta kepada ALLAH dan ROSULNYA, cinta terhadap AGAMAnya, melatih tanggung jawab dan keberanian, yang mana semua itu tercover dalam ruang lingkup perkembangan nilai moral agama dan sosial emosional. 

Pada kesempatan kali ini TK Islam Bunga Bangsa Memberangkatkan  jamaah sebanyak 8 kloter yang kesemuanya berasal dari embarkasi TK Islam Bunga Bangsa
Setelah semua jamaah berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat dua rokaat dbersama guru pendamping masing-masing untuk melakukan wukuf di arofah,sambil membaca dzikir mereka dengan sabar menunggu giliran untuk melakukan rukun dan wajib haji selanjutnya yaitu melempar jumroh, cukur / tahallul, thowaf, sa'i dan yang terakhir siswa di berikan air zam-zam beserta kurma untuk di ni'mati bersama-sama...

Haji secara umum berarti  menuju Tanah Suci Makkah dalam rangka memenuhi panggilan Allah swt. Kalimat "Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka" yang dikenal dengan istilah talbiyah adalah senandung para jamaah haji.
Makna dari talbiyah secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Labbaik Allahumma Labbaik, artinya adalah kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah.
  2. Labbaika la syarika laka labbaik, artinya tiada sekutu bagi-Mu dan kami insya Allah memenuhi panggilan-Mu.
  3. Inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulka la syarika laka, artinya sesungguhnya segala pujian, nikmat dan begitu juga kerajaan adalah milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu.
Semoga Allah mengabulkan semua do'a harapan kita. Amin Yaa Rabbal Alamin


Baca Juga :