Pembelajaran tematik "Pekerjaan di Sekitar Kita", Bersama Mbok Jamu

Oleh : Dyan Widya Agustina, MA

Senin, 03 Oktober 2014 siswa-siswi kelas 4 pada pembelajaran tematik tema 4 "Pekerjaan di sekitar kita" yang dikaitkan dengan tumbuhan tanaman obat dan pemanfaatan sumber daya alam, teknologi sederhana dan teknologi moderen dalam pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam dalam pekerjaan. maka siswa(i) Bunga Bangsa  diperkenalkan secara langsung dengan profesi seperti tukang jamu.

Dalam kesempatan tersebut anak-anak kelas 4 Ibnu Sina, diajak berkomunikasi secara langsung dengan tukang jamu yang sengaja  kiami undang  pada pembelajaran kali ini. anak-anak bertanya seputar proses pembuatan jamu dari mulai berbentuk "mpon-mpon" sebutan bahan mentah untuk Kunyi, Kencur dan Jahe, hingga pengolahan dan terakhir pemasaran, hingga manfaat dari tiap jamu yang diolah, baik itu jamu beras kencur, kunyit asem dan  jahe merah.
"Jamu adalah sebutan orang Jawa terhadap obat hasil ramuan tumbuh-tumbuhan asli dari alam yang tidak menggunakan bahan kimia sebagai zat tambahan. Jamu telah dikenal sejak jaman nenek moyang sebelum obat modern masuk ke indonesia. Oleh karenanya, banyak resep racikan jamu sudah berumur ratusan tahun dan digunakan secara turun temurun sampai saat ini", Mbok Jamu menjelaskan 

Tampak antusiasme anak-anak selama mengikuti pembelajaran bersama "Mbok Jamu" kali ini.

Di akhir pertemuan Anak-anak  menikmati ramuan jamu yang sudah dibuat oleh "mbok jamu", seperti jamu beras kencur dan jahe,   Tak ketinggalan guru-gunya juga menikmati jamu kunyit asem.