Pembelajaran K-13 kelas 4 Al Haitsam Melalui Lagu


Selama 2 hari kelas 4 Al-Haitsam dibawah bimbingan ibu Dyan Widya Agustina melaksanakan kegiatan pembelajaran di Ruang perpustakaan. Pada pembelajaran tematik  ini semua materi dijadikan lagu oleh ibu dyan, ada yang menggunakan nada Iklan Mastin, lagu lihat kebunkun dan lagu naik delman, dan semua ini familiar di, dan suara anak-anak pun membahana di ruang perpustakaan.

Menurut Ibu Dyan Pemanfaatan lagu sebagai media pembelajaran dapat  menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan karena musik dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional sehingga akan memberikan hasil yang baik bagi siswa. Selain itu musik juga mempengaruhi kondisi fisiologis. Kondisi fisiologis yang relaks akan membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar. Relaksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Musik yang paling membantu dalam proses belajar adalah musik barok. Musik barok menggunakan ketukan-ketukan yang khas dan pola-pola yang secara otomatis menyinkronkan tubuh dan pikiran siswa. Sehingga  Siswa lebih berfikir logis, cerdas, kreatif, dan mampu mengambil keputusan serta memiliki empati.

Lewat lagu pula dapat membantu siswa untuk lebih mudah mengingat kalimat yang diajarkan, dapat pula memungkinkan siswa terlibat lebih dalam dengan pelajaran. Memang benar ada banyak guru berhasil mengajar anak-anak walaupun ia jarang memanfaatkan lagu dalam pembelajarannya, terutama karena para guru ini sendiri tidak suka menyanyi, tetapi sebenarnya para guru ini telah melewatkan sesuatu yang sangat istimewa. Kebanyakan anak suka menyanyi, sementara nyanyian atau nyanyian pendek adalah salah satu aspek dalam pelajaran Bahasa Inggris yang dipelajari anak-anak dengan penuh perasaan yang murni dan yang kemudian akan dapat dibawa pulang bersama mereka. Nyanyian tersebut akan tetap tinggal di kepala mereka dan mereka akan menyanyikannya terus walaupun pelajaran sudah selesai, menyenandungkannya dalam perjalanan pulang, dan menyanyinkannya berulang-ulang di rumah. jelas ibu Dyan.

Perencanaan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan lagu akan dapat memenuhi beberapa persyaratan seperti: menyenangkan, dapat mempertahankan minat, dapat digunakan sebagai alat bantu untuk belajar melafalkan bunyi-bunyi baru, membantu pembelajaran kata-kata dan konsep-konsep baru melalui tindakan dan dramatisasi yang cocok.

Berikut beberapa contoh materi pembelajaran K-13 yang dijadikan lagu oleh ibu Dyan Widya Agustina.

MORFOLOGI MERPATI


(dinyanyikan dengan nada lagu
Naik Delman)
Hari ini disini aku selalu happy
Belajar bagian tubuh si burung merpati
Paruh-sayap-ekor-dan cakar burung merpati,
Memiliki fungsinya sendiri-sendiri hey!

Chorus: Kusenang kubelajar secara mandiri
Bersama teman-teman yang selalu happy 2x

Paruhnya berfungsi untuk mematuk makanan
Sayap membuat burung merpati bisa terbang
Ekor mengarahkan burung saat dia terbang
Cakarnya yang berfungsi untuk bertengger didahan hey!
Back to chorus

BAGIAN TUMBUHAN
(dinyanyikan dengan nada iklan
Mastin Hebat)

Kawan-kawan, ayo dengar semua
Tumbuhan juga, ada bagiannya
Ayo hafalkan, pasti banyak gunanya
Akar-batang-daun-buah dan bunga

Akar fungsinya : mengukuhkan tumbuhan, Menyerap air dan cadangan makanan
Batang berfungi menegakkan tumbuhan
Batang: berkayu-basah-batang rumput

Daun mengandung zat warna hijau daun
Terdiri : tangkai-pelepah-helai daun
Daun berfungsi tuk mengolah makanan
Tulang : menyirip-menjari-sejajar

Bunga adalah alat perkembangbiakkan
Betina: putik dan jantan: benang sari
Bunga tumbuh diujung batangnya tumbuhan
Bunga juga mempercantik tanaman

Buah adalah hasil proses pembuahan
Didalam buah, biji kita temukan
Biji ditanam akan tumbuh tanaman
Dan buah juga : cadangan makanan




SIMBIOSIS ITU ...
(dinyanyikan dengan nada lagu
Lihat Kebunku)

Simbiosis itu adalah hubungan
Dua makhluk hidup yang hidup bersama
Simbiosis itu ada 3 jenisnya
Mari ingat ini juga contoh-contohnya

Mutualisme: saling menguntungkan
Parasitisme: yang satu dirugikan
Komensalisme : yang satu diuntungkan, tetapi yang lain tidak dirugikan

Burung dan sapi : mutualisme
Cacing di dalam perut : parasitisme
Remora dan hiu : komensalisme
Ayo siapa lagi bisa sebut contohnya