Kolase Kancing Cita-citaku, K-13 Tema 7 "Cita-citaku" kelas 4 Ibnu Sina

By : Dyan Widya Agustina, MA dan 4 Ibnu Sina

Kolase kaya akan unsur pendidikan komplit bagi perkembangan otak anak, diantaranya bermain dan berkreasi,belajar mengenal bentukbentuk geometris dan warna,melatih kemampuan motorik halus dan lain-lainnya.

Imajinasi anak bisa saja dalam wujud material yang akan digunakan, kalau diarahkan bahannya dapat berasal dari bahan-bahan bekas atau sampah (yang sudah dibersihkan) sehingga kebersihan lingkungan rumah tetap terjaga baik.

Memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai (sampah) mendukung gerakan daur-ulang, kertas koran bekas, plastik, dedaunan, apabila diaplikasikan ke medium datar maupun tiga dimensi dapat menghasilkan karya seni yang unik dan menarik.

Kolase Kancing Cita-Citaku. Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Tema 7 "Cita-Citaku", semua kegiatan siswa ber-genre Cita-Citaku. Hari ini, Selasa, 10 Februari 2015, siswa membuat kolase tentang cita-cita mereka masing-masing. Setiap siswa pada pembelajaran sebelumnya telah belajar untuk mendeskripsikan cita-cita mereka, kehebatan cita-cita mereka, hal-hal apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka, dan persyaratan apa saja yang harus mereka penuhi untuk menjadi sesuai dengan cita-cita mereka.

Bahan-bahan untuk kolase kancing adalah kancing beraneka warna dan bentuk, terbuat dari plastik dan lem plastik. Pemilihan bahan kancing karena kancing adalah salah satu bahan plastik yang jarang dijadikan pilihan untuk kolase selama ini. Semoga anak-anak akan mewujudkan cita-cita mereka sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Baca Juga Manfaat Seni Kolase