Membatik bersama Kelas Ibnu Sina Asuhan Ibu Dyan Widya Agustina

By. Ms Dyan Widya Agustina bersama siswa kelas 4 Ibnu Sina.


Pembuatan Kain Jumputan (disebut juga dengan kain pelangi-awalnya khas motif batik Palembang Sumatera Selatan). Pembelajaran Tematik Kelas 4 Tema 7 Cita-Citaku Sub Tema 1 Pembelajaran 4.

Teknik pembuatan motif batik jumputan, juga dikenal di Jepang dengan nama Shiburi dan dalam bahasa Inggris disebut Tie and Dye -- Ikat dan Celup. Kegiatan dilakukan hari Senin 2 Februari 2015, pukul 9.00 - 11.30. Lokasi di depan kelas 4 Ibnu Sina. Proses dimulai dengan pembuatan pola, pengisian pola, pengikatan, pencelupan, pentirisan, penjemuran, pembilasan dan ditutup dengan penjemuran kembali.

Pada kegiatan ini siswa belajar mengenal motif and teknik pewarnaan dan pembuatan batik khas Indonesia (batik tulis dan batik cetakan)-IPS dan SBDP, belajar menggunakan pola geometri dan non geometri pada kehidupan sehari-hari (efek benda berbentuk bulat-kelereng dan lempeng pipih-uang koin)-MTK, membedakan penyerapan kain katun (berbahan alami) dan nilon (berbahan sintetis/kimia) IPA, melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk tulis dan lisan (BIND).

Dari pembelajaran membatik ini siswa juga belajar mengenal dan menggunakan bahan pewarna non sintetis, bahan pewarna yang digunakan adalah hijau yang berasal dari daun suji, kuning berasal dari kunyit,  dan warna merah yang berasal dari andong dan gambir.