Shoebox Diorama - Pembelajaran Tematik K-13 Tema 7 "Cita-citaku"

By : Miss Dyan Agustina, MA dan 4 Ibnu Sina

Pada Pembelajaran Tematik Tema 7, ada kegiatan membuat diorama kotak sepatu, disebut shoebox diorama dalam bahasa Inggris. Siswa membuat miniatur 3 dimensi pada kotak sepatu bekas. Kegiatan ini dirancang untuk melatih keterlibatan siswa pada penentuan dan pelibatan orang, kegiatan dan sarana atau barang dalam kegiatan di pekerjaan atau profesi yang menjadi cita-cita mereka.

Kegiatan membuat shoebox diorama diawali dengan hadirnya tamu ajaib pagi ini, di kelas 4 Ibnu Sina  yaitu  Mr John Pierce. Dengan penuh antusias anak-anak menyimak penjelasan Mr. John yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, hingga sesi tanya jawab pun berlangsung seru.

Diorama adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Asal-usul diorama(adalah dekor teater di Eropa dan Amerika di abad ke-19. Diorama pada masa modern digunakan untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya dari landskap keadaan sejarah, kejadian alam, dan keadaan kota untuk kebutuhan pendidikan atau pertunjukan.