Minuman Olahan Jeruk : Lemon Tea dan Orange Squash bersama kelas 4 Ibnu Sina dan Ms Dyan Agustina.

Laporan : Dyan Widya Agustina, MA


Pembelajaran 4 subtema 1 Makananku Sehat Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi - Membuat Minuman Olahan Jeruk : Lemon Tea dan Orange Squash bersama kelas 4 Ibnu Sina dan Ms Dyan Agustina. 

Membuat Lemon Tea : Erat menghitung Angka Kandungan Gizi pada Makanan Kemasan; Menghitung berat badan idal dan menyusun Menu Makanan

Pada pembelajaran kali ini siswa kelas 4 Ibnu Sina belajar menentukan nilai ideal untuk berat dan tinggi badan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan manusia juga dipelajari. Yaitu asupan makanan, aktifitas tubuh dan keturunan.

Beberapa jenis grafik seperti grafik batang dan grafik pai juga dipelajari pada pembelajaran kali ini. Kegiatan selanjutnya adalah menyanyikan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu bersama-sama.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam yang didalamnya termasuk sayur dan buah. Salah satu buah yang banyak manfaatnya adalah jeruk.

Berbagai jenis jeruk terkenal dari daerah-daerah di Indonesia. Pontianak, Majene dan Medan adalah daerah penghasil jeruk terbaik di Indonesia.

Jeruk banyak manfaatnya. Sebagai penghilang dahaga dan pencuci mulut, jeruk sangat kaya dengan vitamin C. Kulitnya dijadikan campuran kue, pewarna makanan dan parfum. Sebagian industri obat anti nyamuk juga menggunakan kulit jeruk sebagai bahan utama.

Jenis jeruk sangat banyak. Jeruk manis dari Pontianak dan Medan sangat terkenal. Bentuknya bundar besar dan warnanya kuning terang, kulitnya hijau tua. Rasanya manis berair. Jeruk Majene agak kecil bentuknya berwarna kekuningan kulitnya dan rasanya manis hingga asam. Daerah penghasil jeruk lain yaitu Garut di Jawa Barat, Tawangmangu di Jawa Tengah, Batu di Jawa Timur dan Selayar di Sulawesi Selatan.

Jenis jeruk lainnya yaitu jeruk nipis, jeruk besar, jeruk limau, jeruk keprok dan jeruk lemon.

Siswa diminta membawa satu buah jeruk berjenis bebas untuk diolah menjadi minuman. Siswa berkumpul di dapur dan mulai mengiris jeruk.

Semua jeruk diiris rapi dan dipisahkan menjadi 2. Jeruk lemon dan limau dijadikan lemon tea dan jeruk keprok atau jeruk manis dijadikan squash.

Setiap siswa juga membawa gelas yang dihias dengan irisan lemon atau orange disalah satu bibir gelas. Karena hari hangat

Pada akhir kegiatan, siswa melaporkan manfaat jeruk, hasil olahan jeruk dan cara membuat minuman berbahan jeruk.

Dari Dapur Sekolah Bunga Bangsa, bersama Ibnu Sina dan Ms Dyan Agustina.