Memperkenalkan Seni Wayang Sejak Dini

Laporan : DWA


Wayang adalah salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia yang telah mendunia. Namun seiring perkembangan jaman, kini wayang jarang kita nikmati dan sulit untuk ditemui. Sebagai bangsa yang kaya akan budaya, sudah tidak aneh kalau kita acuh tak acuh sama budaya yang kita miliki, namun jika ada salah satu negara yang mengklaim kebudayaan kita, baru kita kelabakan kaya kebakaran jenggot.  Wayang salah satu seni budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan agar generasi muda lebih mengenalnya, terlebih wayang sangat erat hubungannya dengan penyebaran agama Islam di berbagai daerah. 

Senin bertempat di Kelas 4 Ibnu Sina asuhan Ibu Dyan Widya Agustina, MA, masih dalam pembelajaran K-13, Tema 8 "Tempat Tinggalku, Sub Tema 2, siswa(i) diperkenalkan dengan seni Wayang, Menurut Buku Paket tematik, pembuatan wayang emnggunakan Suket atau rumput kering dan batang singkong kering, karena bahan agak susah dicari, maka walikelas mencari alternatif bahan yang memanfaatkan barang bekas. , dimana setiap siswa membuat wayang dari Kardus (kotak sepatu dan kardus mie) dan tiap siswa harus mengenal tokoh wayang yang mereka buat. setelah wayang selesai dibuat mereka memerankan tokoh wayang masing-masing dengan certita dan versi mereka sendiri. menggunakan wayang Kardus buatan mereka sendiri.
Tujuan Program Pengenalan Wayang Kulit pada Siswa SD kelas 4 ini adalah untuk menumbuhkan apresiasi anak-anak pada wayang kulit sejak usia dini. Sebagai pewaris seni wayang kulit anak-anak ini di masa depan akan mempunyai peran yang sangat penting dalam melestarikan kesenian tersebut. Ucap Miss Dyan.

Bahan Utama  dan teknik pembuatan
  • Kardus bekas dibersihkan dan dikeringkan agar wayang tidak lembab
  • membuat mal cetakan wayang di kardus kering yang sudah dibersihkan
  • pengguntingan cetakan wayang pada kardus
  • pengeleman dan pemasangan bambu
Tokoh-tokoh wayang yang dibuat
1. Gunungan wayang  
2. Punakawan (Bagong, Petruk, Semar dan Gareng
3. Dewi Sri
4. Dewi Citrawati
5. Dewi Kunti
6. Bima, 
7. Nakula 
8. Adipati  Kama
9. Gatotkaca
10. Dewi Shinta
11. Dewi Uma
12. Dewi Srikandi
13. Dewi Manohara
14. Dewi Sumbadra
15. Dwi Anjani
16. Dewi Sumbadra
17. Dewi Ratih
18. Dewi Sukesih
19. Sri Rama
20. Prabu Kresna

Serunya bermain sambil belajar, banyak ilmu yang diperoleh juga pengalaman yang berharga buat mereka. Semua senang, semua bahagia bersama Kurikulum 2013 (K-13)