Mengolah Penganan Berbahan Dasar Kedelai, bersama 4 Ibnu Sina

Laporan : Dyan Widya Agustina, MA


Pada pembelajaran 1 sub tema 1 Makananku Sehat Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi; siswa kelas IV Ibnu Sina belajar mengenal dan mengolah penganan berbahan dasar kacang kedelai. Kacang kedelai yang diolah menjadi tempe adalah salah satu bahan protein nabati yang sangat kaya manfaat.

Didalam pembelajaran 1 ini siswa dan siswi diharapkan mampu menjelaskan urutan dan tahapan pembuatan tempe dan menyebutkan manfaat apa yang diperoleh jika mengonsumsi hidangan berbahan dasar kacang-kacangan.

Sebagai salah satu sumber protein terbaik; tempe diolah menjadi bacem tempe, kerupuk tempe, burger tempe, nugget tempe, keripik tempe dan mendoan tempe. Sekarang tempe tidak hanya sekedar makanan warung; tempe sudah mampu bersaing dengan bahan impor.  Setiap siswa membawa tempe mentah dari berbagai ukuran, bentuk dan jenis pembungkus. Berbungkus plastik, berbungkus daun pisang dan berbagai ukuran.

Semua siswa mengenakan celemek dan melakukan semua tahapan kegiatan di dapur sekokah Bunga Bangsa. Tepung, bumbu, bahan sambal dan minyak goreng disiapkan oleh guru. Seluruh siswa wajib terlibat. Prinsip mampu mengerjakan apapun tanpa batasan gender adalah salah satu bentuk tujuan pendidikan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pengiris tempe, kelompok pengolah sambal, kelompok pembuat bumbu, dan kelompok pengaduk adonan. Setiap periode dibagi 2 sehingga setiap siswa dapat merasakan semua peran.
Semua tahapan dilakukan dengan pengawasan penuh mengingat penggunaan pisau harus diperhatikan. Setelah tempe diiris, dicelupkan ke adonan terigu, kemudian tempe digoreng dengan minyak berpanas sedang sampai kuning kecoklatan dan dihidangkan bersama sambal kecap.

Setelah semua matang, selepas dzuhur siswa dan guru bersama-sama menikmati tempe mendoan goreng produksi sendiri; tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan dan tanpa msg.

Pada pembelajaran ini siswa dan siswi kelas 4 harus mampu mengklasifikasikan jenis protein nabati dan hewani; urutan cara pembuatan tempe; bahan makanan berbahan kacang kedelai; hasil olahan tempe dan fungsi protein bagi tubuh manusia.  Kegiatan makan mendoan tempe bersama ditutup dengan presentasi laporan lisan dan tulis dari masing-masing siswa didalam kelompoknya.
Belajar dengan Kurikulum 2013; proses belajar sepanjang umur.