Tashih Al-Qur'an Gelombang ke II, 26 April 2015 oleh UMMI Samarinda

Ditulis Oleh : Moh.Fadholi, S.Pdi


Kebutuhan orang tua terhadap pembelajaran al Qur’an untuk putra putrinya tercinta dirasa semakin lama semakin penting. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah, khususnya sekolah islam.

Suatu kebanggaan bagi Sekolah Bunga Bangsa yang telah dipercaya Ummi Foundation sebagai Pusat Ummi di Kota Samarinda dengan menawarkan 7 Program Metode Ummi yang telah di akui memiliki kualitas mutu, baik dari segi metode, spesifikasi guru, ataupun manajemen administrasinya, dengan harapan dapat memberi solusi nyata bagi kelangsungan pembelajaran al Qur’an bagi siswa siswi di sekolah-sekolah Islam Khususnya di Kota Samarinda. 

Untuk memulai kerjasama tersebut, Ummi Samarinda mengundang bapak/ibu atau delegasi sekolah (khususnya guru al Qur’an) untuk mengikuti rangkaian kegiatan tashih al Qur’an dan sertifikasi guru al Qur’an metode ummi. dengan Jadwal dan administrasi sebagai berikut : 

Jadwal kegiatan dan administrasi.

No
Kegiatan
Tanggal/Waktu
Tempat
Infaq
1.
Tashih Baca al-Qur’an (Pemetaan Guru)
19 April 2015 dari jam 08.00 sd. selesai.

SD Al-Firdaus Jl’AW Syahrani Gg.8 No. 99 RT 14 Samarinda
Rp. 15.000/orang
2
Tashih Gelombang Kedua
26 April 2015 dari jam 08.00 sd. selesai
SD Al-Firdaus Jl’AW Syahrani Gg.8 No. 99 RT 14 Samarinda
Rp. 15.000/orang
2
Sertifikasi al-Qur’an
01 sd 03 Mei  2015 hari Jum’at s/d Ahad  jam 07.30 sd 16.30
SD Al-Firdaus Jl’AW Syahrani Gg.8 No. 99 RT 14 Samarinda
Rp. 350/orang bagi yang lulus tashih.
                   
     Tempat Pendaftaran:

1.    SD Islam Bunga Bangsa Cp. Ustadz Mishab, S.PdI     (0852 5085 1040)
2.    SD Islam Fastabiqul Khairat Cp. UstadzArman, S.PdI  (0852 5041 7993)
3.    SD Islam Al-Firdaus Cp. Ustadz Halim Rois,                (0821 4803 5314)
4.    SD Sellica Cp. Ustadz Muhlis Habari , S.HI                  (0852 5049 6949)
SEKILAS TENTANG METODE UMMI

7 PROGRAM DASAR UMMI 
Program-program ini dijadikan dasar utama dalam Membangun Generasi Qur’ani, khususnya di dalam Pembelajaran Al Qur’an melalui  Metode Ummi . Program ini juga untuk membantu bagi lembaga dan guru untuk meningkatkan kemampuan pengolahan, pengelolaan dan pembelajaran Al Qur’an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Melalui tahapan program ini menjamin setiap guru Al Qur’an akan  mampu memahami metodologi pengajaran Al Qur’an serta tahapan-tahapannya dan pengelolaan kelas dengan baik. Sehingga diharapkan dengan 7 program ini sebagi Sistem dalam pengajaran Al Qur’an Metode Ummi akan menjamin setiap lulusan SD/MI, TKQ, TPQ tartil baca Al Qur’an. Insya Allah.

Adapun 7 program dasar Ummi adalah sebagai berikut:

1. TASHIH BACA AL QUR’AN (PEMETAAN GURU)
Program ini dimaksudkan untuk memetakan standar kualitas bacaan Al Qur’an guru / calon guru Al Qur’an, sekaligus untuk memastikan bacaan Al Qur’an guru / calon guru Al Qur’an yang akan mengajarkan Metode Ummi sudah baik / tartil.

2. TAHSIN (STANDARISASI BACAAN GURU)
Program ini dilakukan dalam rangka membina bacaan dan sikap para guru / calon guru Al Qur’an sampai bacaan Al Qur’annya bagus / tartil. Mereka yang telah lulus tahsin dan tashih berhak mengikuti sertifikasi guru Al Qur’an Metode Ummi.

3. SERTIFIKASI GURU AL QUR’AN 
(PEMBEKALAN DASAR METODOLOGI DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL QUR'AN)
Program ini dilaksanakan selama 3 hari dalam rangka penyampaian metodologi bagaimana  mengajarkan Al Qur’an Metode Ummi, memanej dan mengelola pembelajaran Al Qur’an  dengan Metode Ummi. Bagi guru yang lulus dalam sertifikasi guru Al Qur’an ini akan men-dapatkan syahadah / sertifikat sebagai pengajar Al Qur’an Metode Ummi. Adapaun materi materi sertifikasi adalah:

1 Visi - Misi
Membangun kesadaran pentingnya visi-misi yang kokoh.
Membangun Visi : Generasi Qur’ani pada Guru.
Membangun Misi : Mengajar Al Qur’an adalah ibadah dan dakwah.

2. Sistem Penjaminan Mutu
Memberikan pemahaman calon guru bahwa 60% mutu ada ditangan guru.
Memahamkan calon guru tentang 9 pilar sistem penjaminan mutu.

3. Metodologi belajar mudah baca Qur’an 
Metode UmmiMembangun sikap dan mengasah keterampilan calon guru tentang 
bagaimana mengajar membaca Al Qur’an yang mudah menyenangkan dan menyentuh hati.

4. Classroom Management
Membekali calon guru bagaimana membangun sikap positif dan disiplin pada siswa atau santri ketika dalam kelas.

5 Tartil Qur’an
Calon guru mendalami tartil Al Qur’an standar Metode Ummi dan bagaimana mengerjakannya pada santri/siswa, pemantaban dan pembinaan lagu murottal Metode Ummi pada calon guru.

6. Ghoroib Al Qur’an
Calon guru lebih memahami dan mempraktekan bacaan-bacaan pada Al Qur’an yang Musykilat/asing serta tehnik pengerjaanya pada santri/siswa.

7 Tajwid Dasar
Membekali calon guru tentang teori dasar Tajwid dasar dan tematik pengajarannya pada santri/siswa.

8 Administrasi Pembelajaran Al Qur’an
Membangun kesadaran calon guru pentingnya administrasi yang baik.
Membekali calon guru administrasi pembelajaran yang dapat membantu efektifitas pembelajaran.

9 Micro Theaching 
Calon guru mempraktekkan struktur pembelajaran standar Metode Ummi.

4. COACH (PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI METODE UMMI)
Merupakan program pembinaan kualitas penyelenggaraan peng-ajar an Al Qur’an di sekolah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi sehingga bisa merealisasikan target pencapaian jamin -an mutu bagi siswa / santri.
Kegiatan meliputi :
a.  Observasi proses belajar mengajar. 
b.  Pembinaan manajemen / administrasi pembelajaran. 
c.  Pembinaan guru  .
d.  Continuous improvement programme

5. SUPERVISI (PEMASTIAN DAN PENJAGAAN MUTU SISTEM UMMI DITERAPKAN DI LEMBAGA)
Merupakan program penilaian dan monitoring kualitas penyelenggaraan pengajaran Al Qur’an di sekolah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi yang bertujuan memberikan akreditasi bagi lembaga tersebut.
Kegiatan evaluasi meliputi :
a.  Jumlah guru yang bersertifikat. 
b.  Implementasi proses belajar mengajar di kelas . 
c.  Standar hasil belajar siswa . 
d.  Jumlah hari efektif Al Qur’an (HEQ). 
e.  Rasio guru dan siswa . 
f.  Manajemen / administrasi pengajaran . 
g.  Pelaksanaan pembinaan guru dan kualitasnyag. 
Membangun Generasi Qur’ani


6. MUNAQOSAH  (KONTROL EKSTERNAL KUALITAS  / EVALUASI HASIL AKHIR PEMBELAJARAN AL AQUR'AN OLEH UF)
Merupakan program penilaian kemampuan siswa / santri pada akhir pembelajaran untuk menentukan kelulusan.
Bahan yang diujikan meliputi :
a.  Fashohah dan Tartil Al Qur’an (juz 1-30) . 
b.  Membaca Ghoroib dan komentarnya . 
c.  Teori Ilmu Tajwid dan menguraikan hukum-hukum bacaan. 
d.  Hafalan dari surat Al A’la sampai surat An Naas. 

7. KHOTAMAN DAN IMTIHAN 
(UJI PUBLIK SEBAGAI BENTUK AKUNTABILITAS DAN RASA SYUKUR)
 Acara yang dikemas elegan, sederhana dan melibatkan seluruh stake holder sekaligus 
merupakan laporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an 
kepada orang tua wali santri/masyarakat. Acara meliputi :
a. Demo kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an
b. Uji publik kemampuan membaca, hafalan, bacaan ghoroib dan tajwid dasar
c. Uji dari tenaga ahli Al Qur’an dari Tim Ummi dengan lingkup materi tertentu
- Memberi hadiah bagi pembaca terbaik, penghafal terbanyak dan paling rajin membaca
- Pesan untuk memelihara bacaan dan terus belajar Al Qur’an
- Sambutan pihak sekolah, orang tua, Tim Ummi dan stake holder lainnya
- Waktu dan tempat acara sepenuhnya kewenangan sekolah

Sekolah Pengguna Metode Ummi di Samarinda:
1.    PG/TK Islam Bunga Bangsa
2.    SD Islam Bunga Bangsa
3.    SMP Islam Bunga Bangsa
4.    SMA Islam Bunga Bangsa
5.    TK Islam Fastabiqul Khairat
6.    SD Islam Fastabiqul Khairat
7.    TK Islam Aqila
8.    TK Islam Al-Firdaus
9.    SD Islam Al-Firdaus
10. MTs Al-Firdaus
11. MA Al-Firdaus
12. TK Selica
13. SD Selica
14. TK Khalifah
15. SD Muhammadiyah 6
16. Home Schooling Khoiru Ummah