Enam Siswa SD Wakili KALTIM OSN di Yogyakarta

SAMARINDA, (Kalimantan Timur- Antara News.Com)

Sebanyak 6 siswa SD di Propinsi Kalimantan Timur mewakili daerah itu untuk berlaga dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat Nasional, setelah mereka menjadi yang terbaik dalam OSN tingkat Kaltim beberapa pekan lalu.

"Enam siswa SD tersebut akan berangkat ke Yogya pada 18 Mei. Kemudian mereka akan mengikuti OSN tingkat nasional di Yogya sampai tangal 23 Mei," ujar Kepala Bidang Pembinaan TK, SD, dan SLB Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Healthyana Marta Mou di Samarinda, Jumat.

Sebanyak enam peserta itu, M. Rifan Fathoni dari SDN 004 Samarinda untuk mata lomba Matematika, Febrian Dicky dari SD Muhammadiyah 2 Samarinda untuk bidang lomba Matematika, dan Eren Lutfimorea dari SDN 003 Balikpapan untuk bidang lomba Matematika.

Nugra Badwina bersama
Guru Pembimbing IPA
Bpk. Ical Erviawan, S.Pd
Selain itu, Nugra Badwinda Erlangga dari SD Islam Bunga Bangsa Samarinda untuk bidang lomba IPA, Nara Tazkia Larasati untuk bidang lomba IPA, dan Alan Kurnia Patulak dari SD YPPSB 2 Sangatta Kabupaten Kutai Timur untuk mata lomba IPA.

Tujuan digelarnya OSN SD selain untuk mengembangkan minat, juga untuk meningkatkan kemampuan siswa SD di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya mata pelajaran IPA dan Matematika.

Menurut dia, keberhasilan pembinaan OSN tergantung dari kemampuan guru atau pembimbing saat mengarahkan siswa. Semakin baik guru dalam melakukan pembinaan, maka akan semakin mudah siswa dalam menyerap ilmu yang diberikan.

Dalam menetapkan enam siswa tersebut untuk mengkuti OSN tingkat nasional, sebelumnya telah dilakukan beberapa kali seleksi atau secara berjenjang, yakni mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi.

Para pemenang di tingkat provinsi, kemudian mengikuti OSN tingkat nasional.

Dalam seleksi mengacu ketentuan yang ditetapkan pusat, yakni Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyiapkan naskah seleksi, petugas seleksi, dan penilaian.

Seleksi dilakukan dengan tes tertulis. Setiap kabupaten/kota diwakili oleh tiga peserta didik untuk bidang Matematika dan tiga peserta didik untuk bidang IPA. (das/ant)

Link berita :
1. http://www.kalimantan-news.com
2. Http://perpusbb.blogspot.com/2015/03/juara-1-osn-bidang-studi-ipa-dan-juara.html