Manfaat Makanan Bergizi; Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi pada kelas 4,

Laporan : Dyan Widya Agustina, MA

Pada pembelajaran 3 Subtema 2 Manfaat Makanan Bergizi; Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi pada kelas 4, siswa diharapkan mampu menjelaskan isi dan manfaat makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Pada kesempatan kali ini siswa-siswi kelas 4 Ibnu Sina bersama Ms Dyan Agustina mengunjungi sebuah kedai makan sederhana milik Pak Doni yang menyajikan Burung Puyuh goreng dan panggang yang letaknya sangat dekat dengan wilayah Sekolah Bunga Bangsa. 

Pada kesempatan itu, siswa siswi harus menyiapkan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada pemilik kedai seputar gizi, manfaat, nutrisi dan penyajian makanan yang dijualnya. Pada kesempatan ini semua siswa siswi antusias bertanya dan mendengarkan penjelasan Pak Doni mengenai manfaat makan sumber protein hewani bagi pertumbuhan.

Pak Doni menuturkan bahwa daging Burung Puyuh memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang sangat rendah; namun sangat tinggi fosfor, kalsium dan protein. Itulah mengapa mengonsumsi daging Burung Puyuh ini sangat dianjurkan untuk para penderita jantung, cedera tulang belakang dan penderita kolesterol tinggi. 
Berbanding terbalik dengan dagingnya, sebaiknya orang dewasa yang harus menjaga kolesterol dan tekanan darah ; sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Beberapa siswa bertanya tentang bagaimana proses pembuatan dan pengemasan. Materi pengemasan dan pengawetan makanan yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya menjadi sangat relevan.

Setelah tanya jawab; siswa kelas 4 Ibnu Sina menyaksikan proses penyimpanan burung beku sampai penggorengannya. Mereka juga ditunjukkan cara menyajikan dan menyeimbangkan sumber karbohidrat dan vitamin pada hidangan Burung Puyuh ini. 

Selama menunggu, siswa mendapatkan tugas menghitung berat badan ideal bagi rata-rata orang dewasa Asia. Mereka juga mendapatkan tugas menghitung prosentase kandungan gizi makanan yang telah dipelajari sebelumnya.

Bagi yang ingin mencoba hidangan ini, dapat menghubungi Pak Doni di kedai makannya bersebelahan dengan BNI 46 Kompleks Segiri 2 Samarinda. Satu porsi disajikan dengan nasi panas, lalapan dan sambal seharga Rp. 15.000/,  Kedai ini juga melayani delivery order. 
Pada akhir kegiatan seluruh siswa membawa satu porsi hidangan untuk dimakan bersama. Setelah makan siang, seluruh siswa melaporkan hasil wawancara mereka dalam bentuk karangan tertulis dan salah satu karangan siswa dinilai oleh Ms Dyan sebagai pembuat karangan laporan tugas yang paling baik, yaitu Yessy Enggar NS.

Belajar dengan kurikulum 2013 itu menyenangkan. Jauh dari kesan membosankan apalagi mengerikan.

Ms Dyan Agustina bersama siswa siswi kelas 4 Ibnu Sina; bersenang-senang. Samarinda 4 Mei 2015.