Manfaat Sarapan dan Menghitung Kalori Makanan Pada Menu Harian

Laporan : Dyan Widya Agustina, MA


Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi Subtema 2 Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi Pembelajaran 5 - Menghitung Kalori Harian, Pada pembelajaran ini siswa belajar menghitung jumlah kalori yang terdapat dalam makanan mereka. Di dalam halaman 60 dan 67; terdapat tabel tentang berapa kalori yang terdapat pada sebuah jenis makanan.

Pada Pembelajaran 5 kali ini siswa membawa sarapan dari rumah sebagai alat dan bahan penghitungan, Timbangan bahan kue telah guru siapkan. Sebagian besar siswa membawa nasi kuning sebagai sarapan khas Kalimantan Timur; dengan lauk beragam mulai dari sumber protein nabati dan juga hewani.

Pembelajaran 5 merupakan pengait pembelajaran 4 dan 6; dimana pembelajaran 4 tentang menghitung jumlah kalori yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu.Dan pembelajaran 6 tentang manfaat sarapan sebagai pemberi energi berkegiatan. Sebagai contoh, seorang ibu yang akan membersihkan rumah selama 1 jam; memerlukan 220 kkal. Dan kalori ini diperoleh dari pilihan menu misalnya pempek 100gram dan teh manis 1 gelas yang akan menghasilkan kalori sebanyak 260 kalori. Siswa menggunakan timbangan bahan kue secara bergantian untuk praktek penghitungan berat massa sebuah makanan.

Tabel jumlah kalori di halaman 67 buku siswa juga dimanfaatkan sebagai acuan.

Seorang siswa membawa roti tawar dan segelas air tebu menghitung jumlah kalori makanannya; roti tawar menghasilkan 69 kalori dan air tebu satu gelas menghasilkan 184 kalori. Sehingga total kalori makanan yang dibawanya adalah 253 kalori yang cukup untuk melakukan kegiatan renang selama 30 menit.

Siswa juga belajar tentang pentingnya manfaat sarapan; yang sangat penting bagi siswa, yaitu meningkatkan kemampuan fisik, meningkatkan konsentrasi dan mencukupi kebutuhan gizi harian.

Pada akhir kegiatan, siswa makan bersama dan ditutup dengan presentasi kelompok tentang makanan yang telah dihitung kalorinya.

Belajar dengan kurikulum 2013 itu; belajar tanpa rasa belajar.

Menghitung Kalori pada Menu Makanan Harian, Samarinda 4 Mei 2015. Kelas Ibnu Sina bersama Ms Dyan Agustina.