Membuat Juz Buah

Laporan : Dyan Widya Agustina, MA



Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi Subtema 3 Kebiasaan Makanku Pembelajaran 4 - Mengonsumsi Sayur dan Buah dalam Menu Sehari-hari : Jus Buah

Padahal jika sayur dan buah dikonsumsi sesuai anjuran kesehatan; maka penyakit-penyakit akan bisa dicegah; misalnya penyakit-penyakit pencernaan dan defisiensi vitamin.

Indonesia yang sangat kaya dengan beraneka ragam sayur dan buah merupakan anugrah yang harus kita syukuri. Sayangnya, pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah belum menjadi kebiasaan di masyarakat Indonesia. Akibatnya, konsumsi karbohidrat dan protein menjadi lebih dominan.

Mengonsumsi sayur dan buah banyak caranya ; dimakan mentah, di buat jus dan milkshake, atau dicampur dengan salad. Hari ini siswa kelas 4 Ibnu Sina membuat jus tomat dan milkshake alpukat.

Pembelajaran dimulai dengan memperhatikan jenis dan varietas alpukat dan tomat yang dibawa siswa dari rumah.

Alpukat banyak jenisnya; alpukat hijau bulat, adalah salah satu alpukat lokal asal Batu Malang yang tumbuh didaerah dingin sampai dengan daerah bersuhu sedang.

Alpukat hijau lonjong adalah alpukat bibitan Florida yang lebih tahan suhu tinggi. Adapula alpukat bulat merah dan alpukat mega yang ukurannya lebih besar dan lebih banyak dagingnya.

Siswa kemudian ditunjukkan jenis-jenis alpukat dari berbagai jenis sesuai dengan apa yang dibawa siswa hari ini. Ms Dyan kemudian memberi contoh memotong alpukat dengan sedikit kontak terhadap pisau. Setiap siswa diperkenankan mencoba di dapur sekolah.

Begitu juga dengan tomat. Tomat yang dibawa siswa hari ini adalah tomat buah, disebut juga tomat gelar merah. Antioksidan yang tinggi didalam tomat membantu tubuh membunuh kuman dan bakteri.

Semua urutan kegiatan membuat jus tomat dan milkshake alpukat dilakukan siswa. Mulai dari memotong, mengeruk daging, menghaluskan sampai menyajikan.

Makan buah dan sayur? Siapa takut..

Membuat jus tomat dan milkshakes alpukat bersama kelas 4 Ibnu Sina dan ms Dyan Agustina.