Meringkas Cerita Nabi Di Perpustakaan




Selasa, 13 Mei 2015, Siswa(i) Kelas 4 Al-Haitsam mengisi kegiatan Isra' Mi'raj dengan meringkas buku cerita Nabi. Santai dan tertib mereka menyelesaikan tugas meringkas yang diberikan bu Yunita Rachmawati, S.Pd kepada mereka.

Fungsi Ringkasan adalah untuk mengetahui dan memahami gagasan utama dan tujuan penulis melalui tulisannya seperti buku, artikel, dll secara keseluruhan dengan cepat dan singkat.

Pembuatan ringkasan harus berdasarkan suatu karangan asli bukan berdasarkan pendapat atau pemikiran pembuat ringkasan. Penulis ringkasan tidak bisa melepaskan dirinya dari kesan asli karangan tersebut. Oleh sebab itu, sebuah ringkasan harus atau wajib mempertahankan setiap bagian-bagian dari sebuah karangan atau bentuk tulisan lainnya tanpa ada kekurangan sedikitpun. Sebuah karangan di pilah dan dipangkas dengan mengambil bagian-bagian pokok dan membuang hal-hal yang bersifat tambahan atau tidak penting (menemukan pokok permasalahan sebuah tulisan, menyusun kembali dalam tulisan yang ringkas). Pokok permasalahan tersebut bisa ditemukan oleh penulis di setiap pragraf yang memiliki kalimat-kalimat utama.