Pelatihan Narasumber Nasional Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD tahun 2015

Laporan : Yeny Duwi Seviawati, S.T

Ibu Yeny Merupakan salah satu Wakil Kalimantan Timur
yang berasal dari SD Islam Bunga Bangsa Samarinda
Sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013 maka KEMDIKBUD dalam hal ini Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) mengadakan kegiatan Diklat Narasumber Nasional Implementasi Kurikulum 2013 jenjang SD Tahun 2015. Diklat dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 25 Mei s.d 29 Mei 2015 bertempat di Hotel Utami Surabaya dengan peserta kegiatan ini adalah seluruh Guru yang berada dibawah naungan Region Surabaya.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan Narasumber Nasional (NS) agar mempunyai wawasan dan pemahaman konsep serta pengimplementasian kurikulum 2013 sehingga mampu mengimbaskan ke instruktur dan guru sasaran. Peserta sasaran kegiatan ini adalah seluruh Guru yang berada dibawah naungan Region Surabaya berjumlah 88 orang guru yang berasal dari Jawa Timur sebanyak 31 Orang, Kalimantan Timur 6 Orang, Kalimantan Barat 1 Orang, NTT 4 Orang, Sulawesi Selatan 10 Orang, Sulawesi Utara 4 Orang, Sulawesi tengah 4 Orang, Sulawesi Tenggara 4 Orang,  Sulawesi Barat 1 Orang, Gorontalo 4 Orang, Maluku 8 Orang, Papua 8 Orang, Aceh 2 Orang dan 1 Orang dari Jakarta yang berasal dari Direktorat Pembinaan SD Kemdikbud, Prop. DKI Jakarta.

Adapun materi yang diberikan berkaitan dengan penjelasan Mendikbud mengenai Kurikulum 2013 kepada Nara Sumber. diantaranya : pedoman, panduan, modul beserta perangkat pendukung lainnya yang merupakan dokumen wajib dalam rangka pelatihan calon narasumber.