Pelaksanaan Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2015

Bertempat di Aula Balai Pustaka Lantai II Badan Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur, pada tanggal 24 s.d 25 Juni 2015, berlangsung Lomba pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2015.

Kegiatan Lomba dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur Ibu Dra. Hj. Sri Sulasmi Retno W, M.Si "Mengikuti lomba tidak harus menjadi juara, setidaknya hal ini bisa dijadikan pengalaman untuk menjadi juara dikesempatan selanjutnya, Jadikan Lomba ini sebagai indikator untuk menguji kompetensi dan mengukur pengetahuan Ilmu Kepustakawanan" ucap Ibu Sri, "Tak hanya lomba sebagai alat ukur kemampuan, juga belajarlah untuk menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan baik berupa artikel, Karya Tulis maupun Opini"

Tujuan dari pemilihan Pustawan berprestasi ini adalah untuk meningkatkan semangat kreatifitas pustakawan dalam mengembangkan perpustakaan kini dan nanti agar kelak dapat tercipta generasi pembaca. juga sebagai ajang mengadu kreatifitas dan untuk memotivasi kita agar memiliki spirit bangga pada profesi sebagai pustakawan. Ucap Bapak Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan, Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Drs. Sumindar, M.Si

Ada yang berbeda pada sistem lomba kali ini, yang hanya diikuti oleh Pustakawan Sekolah, Khusus dan Umum, dengan masa kerja Minimal 6 tahun sebagai Kepala Perpustakaan. Peserta Lomba yang lolos berasal dari Balikpapan, Kutai Timur dan Samarinda

Setelah melalui proses seleksi pemberkasan, terpilih 13 Peserta untuk Mengikuti : 
  1. Tes Kognitif pada tanggal 24 Juni 2015 yang dibagi dengan tiga tipe soal : Multiple Choice, Tes Objektif, Essay test dan Membuat Karya Tulis. 
  2. Tes Wawancara secara Interpersonal Pada Tanggal 25 Juni 2015. Pada test wawancara ini Pustakawan ditanya mengenai Tugas Keseharian sebagai pustakawan, Motovasi dan harapan sebagai pustakawan, serta Metodologi dan yang melatar belakangi Judul Karya Tulis yang sudah kita buat.
Dewan juri kali ini terdiri dari 3 orang yaitu :
  1. Bapak Muhammad Taufiq, M.Si (Kepala Bidang Informasi dan Otomasi) sebagai ketua Dewan Juri dan Juri 1
  2. Bapak Achmad Daldiri, M.Pd.sebagai Juri 2, dan 
  3. Bapak Mustang, S.Sos, M.Si (Instansi Perpustakaan UPT. Unmul) bertindak sebagai Juri 3.