Psikotest & TOEFL test Siswa Baru SMA Islam Bunga Bangsa

Ditulis Oleh : Darmawansyah, S.Pd

Pada hari Selasa & Rabu (16 – 17 Juni 2015) diadakan Psikotest dan TOEFL test untuk semua siswa baru SMAIBB gelombang I. Sebanyak 43 siswa baru SMAIBB baik dari jalur beasiswa maupun reguler mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat pemetaan kelas dan kemampuan bahasa Inggris setiap siswa baru SMAIBB. 

Psikotest & TOEFL test Siswa Baru SMA Islam Bunga BangsaPsikotest yang bekerjasama dengan Lembaga Prima Solution bertujuan menentukan peminatan kelas IPA/IPS siswa, sedangkan TOEFL test bertujuan sebagai tolak ukur kemampuan bahasa Inggris sehingga progress dalam mencapai target yang ditentukan oleh sekolah yaitu 500, bisa dipantau setiap semester nantinya.

Hasil TOEFL test menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris siswa baru SMAIBB sangat luar biasa. Terbukti salah satu siswa baru SMAIBB atas nama Adinda Persilka Chaerunnisa mampu meraih skor 610, dan lebih dari 10 siswa meraih nilai TOEFL yang termasuk kategori “Intermediate“. 

Para siswa ini kemudian akan dipantau dan direkomendasikan untuk bergabung di Kelas Internasional yang menerapkan kurikulum Cambridge International Exam (IGCSE & AS/A Level). Sedangkan siswa yang lain akan direkomendasikan bergabung di kelas Bahasa Inggris Lanjutan (Kelas peminatan) dengan level dan fokus yang berbeda-beda. 

Hal ini diharapkan setiap siswa SMAIBB mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang setara ketika lulus nanti. Hal ini sesuai dengan misi SMAIBB untuk mengedepankan “Best Process” bukan “Best Input