Belajar Musyawarah untuk Mufakat dan Membuat Tirai Kelas berbahan Dasar Kalender Bekas Siswa Kelas 2 Abu Bakar Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Tema 1. Hidup Rukun

Laporan : Shufiyah, S.Pd, Guru Kelas 2 Abu Bakar

Kamis 20 Agustus 2015, Siswa Kelas 2 Abu Bakar mengadakan praktek Berdiskusi, Musyawarah untuk mufakat mengenai perbedaan pendapat dalam pemungutan suara di kelas. Kegiatan ini merupakan Pembelajaran Kurtilas Tema 1 Hidup Rukun. dibawah bimbingan ibu Shufiyah, S.Pd.

Tujuan Pembelajaran Musyawarah ini untuk memecahkan suatu masalah. Suatu masalah akan dapat terpecahkan apabila setiap peserta berdiskusi musyawarah mau mengeluarkan pendapat, usul, maupun saran. Tanpa saran maupun usul yang dikeluarkan oleh para peserta musyawarah, maka musyawarah tak akan mungkin dapat tercapai dalam arti masalah tak akan mungkin dapat terpecahkan.

Pentingnya rasa tanggung jawab dalam membahas dan menetapkan keputusan
Musyawarah diadakan agar bisa memutuskan sesuatu. Sejumlah anggota warga yang dipandang tidak mewakili warga seluruhnya diundang untuk membahas suatu masalah yang timbul dalam masyarakat. Dalam musyawarah itulah berbagai pandangan dan pendapat disampaikan. Kesemuanya itu dimaksudkan untuk kemajuan, keselamatan dan kesejahteraan bersama seluruh warga masyarakatnya.

Pentingnya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan keputusan dan segala akibatnya
Setelah keputusan didapat dari hasil musyawarah, maka peserta musyawarah atauseluruh warga harus mentaati dan melaksanakan keputusan tersebut dengan sepenuh hati dan tanggung jawab. Selain itu pula setiap peserta musyawarah itu punya kewajiban yang sama mentaati semua keputusan yang diputuskan bersama dan juga menanggung semua resiko dari keputusan yang telah ditetapkan bersama.

Sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa tanggung jawab terhadap hasil musyawarah
  1. Membiasakan diri hadir dalam pertemuan dengan cermat dan tertib. Di dalam bermusyawarah kita dituntut hadir tepat waktu sehingga dalam bermusyawarah dalam pengambilan keputusan tepat tidak mengulur waktu, selain itu pula di dalam kita menyampaikan usul dan saran serta pendapat harus tertib tidak mengutamakan kepentingan sendiri tapi kepentingan bersama kita utamakan.
  2. Biasakan berdiskusi dengan pengendalian diri. Di dalam musyawarah kita memberi usul, pendapat maupun saran, peserta musyawarah harus menggunakan akal sehat dan ditunjang dengan hati nurani yang luhur sehingga tidak mengancam akan kepentingan pribai maupun golongan. Selain itu peserta musyawarah tidak seenaknya sendiri tapi dilandasi dengan itikad baik dan penuhrasa tanggung jawab.

Membuat Tirai Kelas Berbahan Dasar Kalender Bekas Siswa(i) Kelas 2 Abu Bakar

Kamis, 27 Agustus 2015, Siswa(i) Kelas 2 Abu Bakar mengadakan kegiatan Membuat Tirai Kelas Berbahan Dasar Kalender Bekas dan benang sebagai gantungan tirai Kegiatan ini masih merupakan bagian dari Pembelajaran Kurikulum 2013, Tema 1 Hidup Rukun.

Tujuan dari kegiatan ini mengenalkan pada siswa kesabaran, disiplin dan kekompakan dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab yang diberikan untuk memperindah dan menjaga kebersihan kelas mereka. 

Setelah selesai membuat tirai, Siswa(i) langsung menempelkan karya mereka ke jendela di ruang kelas.