Pelatihan Cara Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal

Ditulis oleh : yeni duwi seviati, S.T

Bertempat di Ruang Perpustakaan Sabtu, 29 Agustus 2015, Guru-guru SD Islam Bunga Bangsa Mengikuti Pelatihan Cara "Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal" yang disampaikan oleh Ibu Yenny Duwi Seviati. ST.

Salah satu langkah awal bagi guru sebelum melaksanakan kegiatan awal pembelajaran adalah menentukan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Langkah awal penentuan KKM yaitu menentukan estimasi KKM di awal tahun pembelajaran bagi mata pelajaran yang diajarkan. Penentuan estimasi ini didasarkan pada hasil tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) bagi siswa baru, dan mendasarkan nilai KKM pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya.
Pelatihan KKM yang sekarang utamanya untuk menentukan KKM dalam pembelajaran kurikulum khas BUNGA BANGSA diantaranya kurikulum 2013 dan cambridge. Penentuan KKM harus mempertimbangkan 3 aspek diantaranya : Kompleksitas, Daya Dukung, Intake siswa. 
  1. Aspek pertama Kompleksitas diperhatikan melalui komplek atau tingkat kesulitan KD. Jika semakin sulit maka nilainya semakin rendah. Tetapi jika KD nya semakin mudah maka nilainya semakin tinggi. 
  2. Aspek kedua Daya Dukung seperti sarana prasarana. Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi. 
  3. Aspek yang ketiga Intake Siswa adalah kemampuan awal peserta didik. Kelas 2-5 dilihat dari perolehan belajar tahun 2014/2015. Kelas 1 diambilkan dari nilai pretest. Sedangkan pembelajaran cambridge diambil dari hasil placement test. Semakin tinggi rata-rata kemampuan awak peserta didik maka nilainya semakin tinggi.

Untuk perhitungannya kami memakai sistem point disetiap aspeknya dengan nilai maksimal 3. Jika komplesitanya 3, daya dukung 3 dan intake siswa 2. Makan rumus perhitungannya : (3+3+2)/9x100. Perhitungan ini akan kita cari sesuai aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Sedangkan untuk menentukan KKM muatan pelajaran yaitu dengan menjumlahkan seluruh KKM KD, lalu dibagi dengan jumlah KD (rata-ratanya).