Pembelajaran Tematik Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku "Teknik Menjahit 3 Dimensi"

Laporan dan Dokumentasi : Yosimar Akbar, S.Pd


Senin, 24 Agustus 2015, Siswa(i) Kelas 6 Kahayan Asuhan Bapak Yosimar Akbar, S.Pd, melaksanakan Pembelajaran Tematik Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku PB 6 Halaman 86 dan 87 Siswa membuat keterampilan Teknik Menjahit 3 Dimensi. Keterampilan menjahit dengan memasukkan benang ke dalam lubang, kemudian menjalin bahan/media bisa menjadi ajang untuk melatih : Koordinasi tangan dan mata, Kelenturan tangan, Kesabaran serta Konsentrasi Siswa. Dengan berlatih menjahit,anak dapat belajar memecahkan masalah, berpikir kreatif dan terlatih kegigihannya.
Langkah-langkah teknik menjahit 3 dimensi :
1. Siswa diajarkan Cara menggambar dan menggunting pola 
2. Membuat titik-titik dekat garis bagian luar pola tersebut menggunakan spidol
3. Menggunting bagian tersebut mengikuti pola yang sudah dibuat. 

Cara menjahit pola adalah sebagai berikut. ‡ 
1. Siswa menjepit dua lembar pola tersebut menggunakan jepitan rambut atau jepitan jemuran. Pastikan jepitan tersebut kuat, sehingga kedua kain perca tidak bergeser
2. Siswa menjahit mengikuti titik-titik yang telah di buat. 

Cara mengisi pola adalah sebagai berikut. Setelah jahitan selesai sekitar 70%, Siswa memasukkan kertas koran yang telah diremas secara bertahap untuk membentuk efek tiga dimensi. Kemudian menyelesaikan jahitan sehingga membentuk efek tiga dimensi benar-benar sempurna.