BIMTEK PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SD

Ditulis : Yeny Duwi Seviawati. S.T

Untuk menjamin implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar secara efektif dan efisien di masing2 Tingkat kabupaten Kota serta membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, mengadakan BIMTEK PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SD untuk para pengawas di sepuluh kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. 

Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 3 pengawas. Sehingga terdapat 30 peserta yang nantinya akan disebut sebagai TPK (Tim Pembina Kabupaten/Kota). 

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 2-5 September 2015 bertempat di hotel Grand Kartika Samarinda. Para peserta dibina oleh TIM PEMBINA PROVINSI (TPP). Salah satu anggota TPP adalah Ibu YENY DUWI SEVIAWATI, ST dari Guru SD ISLAM BUNGA BANGSA SAMARINDA. Ibu yeny sebagai narasumber membawakan materi tentang : Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013, penilaian hasil pembelajaran dan laporan hasil belajar (RAPOR). Dalam pelatihan ini laporan hasil belajar (rapor) memakai format baru sesuai dengan panduan yang dikeluarkan Direktorat pada bulan juli 2015. Intinya administrasi penilaian lebih simpel tetapi ada penekanan terhadap kewajiban guru. Dimana guru wajib menuntaskan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang diajarkan dalam setiap muatan pelajaran. Sehingga semboyan guru adalah BELAJAR TUNTAS. 

Dari proses pelatihan ini juga terdapat simulasi bimbingan teknis implementasi kurikulum di sekolah dasar. Dimana para pengawas dilatih untuk menerapkan supervisi klinis kepada guru-guru yang ada dilapangan. Pengawas harus bisa menyelesaikan permasalahn guru terkait implementasi kurikulum 2013. Dengan memberikan bimbingan dan motivasi yang terarah kepada semua guru binaannya.