Bisnis Day Siswa SD Islam Bunga Bangsa

Berdagang merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Di samping itu, juga menjadi sarana yang dapat mendekatkan seorang hamba terhadap Tuhannya. Di mana, berniaga dapat membantu sesama saudara yang membutuhkan barang komoditas.

Salah satu yang menjadi program Kesiswaan SD Islam Bunga Bangsa adalah Business Day, Hari dimana siswa Berjualan disekolah dan yang menjadi pembeli atau konsumennya adalah Siswa(i) disekolah. Kegiatan ini biasanya melibatkan siswa perjenjang yang berasal dari kelas 3 , 4, 5 dan 6

Tujuan diadakannya Business Day ini adalah untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa, memahami dunia bisnis, melatih kreativitas dan inovasi pada siswa. Pada Business Day siswa biasanya terlibat menjual dan membeli. Bahkan jauh-jauh hari siswa sudah terlibat menyiapkan rencana perdagangannya. Selain para guru, tentu saja orang tua juga terlibat menyiapkan barang-barang dagangan. Setiap kelas umumnya memiliki lapak dagangannya sendiri. Kadang-kadang setiap
kelas menyajikan tema dan barang dagangannya yang khas. Sebagian besar siswa pada hari itu juga dibekali uang jajan yang lebih banyak dari biasanya. Tujuannya supaya ikut berbelanja makanan, minuman, souvenir atau mainan yang dijual di Business Day. Ucap Bapak Nu'man Abdullah Wakasis SD Islam Bunga Bangsa.

Dari kegiatan ini para siswa akan dapat terasah kepercayaan dirinya, meningkat kemampuan komunikasinya dan terlatih kecerdasan bisnisnya melalui kegiatan Business  Day. Orang tua dapat memanfaatkan kegiatan Busines Day untuk menunjukkan dukungannya atas proses pendidikan anak-anaknya, sementara guru dan sekolah dapat memanfaatkan wahana Business Day untuk memperkuat soliditas komunitas sekolah. Jika Busines Day berlangsung dengan optimal, maka sekian banyak manfaat untuk kepentingan pendidikan di sekolah, bisa sekaligus diraih.