Kunjungan Pendataan Nomor Pokok Perpustakaan Oleh Perpustakaan Kota dan Perpustakaan Provinsi Kaltim di sekolah Bunga Bangsa

Rabu, 16 September 2015 Perpustakaan Bunga Bangsa Mendapat Kunjungan Staf Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim serta Perpustakaan Kota Samarinda yaitu Ibu Hj. Wartuni, S.Sos dan Ibu Annisa S.Sos, guna mendata Perpustakan Bunga Bangsa  agar memiliki Nomor Pokok Perpustakaan.

Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id atau melalui google dengan menulis Aplikasi NPP Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan akreditasi.

Tujuan Pembuatan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) :
  1. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan. 
  2. Menetapkan akreditasi perpustakaan. 
Akreditasi diberikan berdasarkan tipologi perpustakaan yang sudah ditetapkan yaitu perpustakaan:
  1. Tipe A 
  2. Tipe B 
  3. Tipe C