Pembelajaran Robotik Siswa(i) TK Islam Bunga Bangsa

Lego adalah suatu jenis permainan yang terdiri dari berbagai macam potongan aneka bentuk bangun ruang seperti balok, prisma ataupun tabung yang memiliki suatu sistem knock-down pada salah satu sisinya sehingga bisa dibongkar dan dipasangkan kembali. Permainan lego ini dapat disusun dan disatukan antar bagian agar terbentuk suatu bangun ruang yang variatif. 

Salah satu kegiatan ekskul untuk siswa(i) TK Islam Bunga Bangsa adalah ekskul Robotic yang dilaksanakan setiap minggu, dengan belajar merakit Lego menjadi berbagai macam bentuk.

Permainan lego ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi tumbuh-kembang kecerdasan balita. Apa saja kegunaan dan manfaat mainan lego untuk balita 2-5 tahun?
Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat mainan lego untuk balita 2-5 tahun yang diolah dari berbagai sumber terkemuka, yaitu: 

Parsial. Kecerdasan parsial atau kecerdasan ruang termasuk diantaranya kecerdasan dimensional balita dapat dilatih dan dikembangkan dalam menyusun potongan balok ataupun kubus ketika disusu secara vertikal ataupun horisontal. Konsep dasar bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi sebuah bangun dapat dikenalkan semenjak dini.

Kreatifitas dan imajinasi. Daya imajinasi dan kreatifitas balita dapat dilatih dan dikembangkan dalam permainan lego ini. Membuat rumah-rumahan atau robot-robotan yang memiliki keanekaragaman bentuk dan pola merupakan stimulasi dasar dalam mengembangkan daya kreatifitas dan imajinasi balita dalam menyusun sebuah bangun ruang.

Analitis. Kemampuan analitis balita didasarkan pada pengamatan dan kesesuaian antar pilihan bentuk bangun dengan model atau bentuk bangunan yang sesungguhnya. Misalnya bentuk atap rumah adalah segitiga sedangkan bentuk roda adalah bulat dan bentuk bola adalah bundar.

Ketrampilan. Ketrampilan dalam menyeimbangkan penyusunan block atau potongan balok agar tidak mudah jatuh ataupun tetap kokoh dalam posisinya bisa dilatih juga. Balita akan mengembangkan ketrampilan desain konstruksi bangunan yang tepat disesuaikan dengan tingkat kestabilan struktur.

Motorik halus. Ketelitian dalam menyatukan atau memasangkan antar bentuk agar dapat menyatu dapat digunakan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus balita.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat mainan lego untuk balita 2-5 tahun. Namun demikian, diperlukan stimulasi tepat orangtua melalui pemberian contoh membentuk dan menyusun balok lego agar skill balita makin berkembang. Semoga bermanfaat.