Program Siswa Teladan Kelas 2 Utsman Bin Affan

Ditulis Oleh : Marvarid Jani, S.Pd

Siswa Teladan Bersama Wali Kelas dan Guru Kelas
Salah Satu program pengembangan potensi siswa didik dikelas 2 Utsman Bin Affan adalah Program Siswa Teladan yang penilaiannya membutuhkan waktu sebulan. setiap akhir bulan akan terjaring 5 orang siswa/i yang terpilih berdasarkan  jumlah kartu terbanyak yang ditempel didinding Mading kelas.


Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan pemilihan siswa teladan dalam waktu 1 (satu) bulan dengan cara setiap siswa apabila memiliki catatan kebaikan di rumah yang setiap siswa memiliki 1 buku catatan kebaikan kemudian dibuktikan dengan tanda tangan orang tua/wali siswa contoh catatan kebaikan “membantu ibu mencuci piring (mendapatkan 1 Kartu siswa teladan), melakukan sholat Magrib (mendapatkan 1 kartu siswa teladan), dll”. Sedangkan catatan kebaikan di Sekolah guru dan siswa bisa menilai dengan cara guru melihat kegiatan atau kebaikan setiap siswa pada saat pembelajaran berlangsung atau pada saat istirahat. Guru tersebut bisa langsung memberikan kartu siswa teladan kepada siswa/I jika melihat siswa yang melakukan kebaikan contoh “Siswa tanpa disuruh membersihkan kelas (mendapatkan 1 kartu), menasehati teman yang baik (mendapatkan 1 kartu siswa teladan) Tapi jika guru tidak melihat siswa yang melakukan kebaikan guru tersebut bisa menanyakan siswa dikelas apakah ada siswa yang berbuat kebaikan hari ini jika ada dan dibuktikan oleh teman/saksi yang melihat kebaikan tersebut maka akan mendapatkan kartu siswa teladan. Akan tetapi jika siswa di kelas melakukan catatan keburukan maka guru berhak mencabut siswa teladan yang berada di dinding mading kelas. Contoh “ Mengejek teman ( di cabut 3 kartu siswa teladan), membuang sampah dikelas ( dicabut 5 kartu siswa teladan), Berkelahi ( dicabut 10 kartu siswa teladan), dll”.
Setiap akhir bulan guru dengan siswa bersama-sama menghitung kartu yang tertempel di papan madding kelas dan 5 siswa/I yang terbanyak kartunya akan mendapatkan Piagam Penghargaan dan hadiah bingkisan dari juara 1 sampai 5. Setiap siswa yang mendapatkan juara 1-5 berdiri di depan Mading kelas sambil memegang Piagam dan Hadiah bingkisan lalu guru mengambil dokumentasi foto dan foto tersebut akan di print lalu ditempel di Madding sekolah dan Blok Perpustakaan Sekolah Bunga Bangsa agar menjadi kebanggan siswa yang mendapatkan juara Siswa teladan serta sebagai motivasi bagi teman-teman kelas lainya agar bisa meningkatkan kebaikan setiap bulannya.

Tujuan Program Siswa Teladan  ini adalah sebagai berikut : 
  1. Mematuhi peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah.
  2.  Hormat dan santun kepada semua guru.
  3.  Berpakaian dan berpenampilan rapi.
  4. Sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
  5. Menyiapkan siswa agar menjadi  warga masyarakat yangh berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani  (civil society).
  6. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hidup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat..
  7. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.
  8. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  9. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.