Bimbingan Teknis Calon Tenaga Pengajar Perpustakaan Tahun 2015 Oleh Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur


Dari kiri : Bapak Drs.H.Sumindar, M.Si, Ibu Dra.Hj.Sri Retno Sulasmi, W.M.Si
dan Bapak Ahmad Muslim, S.Pd, M.Pd
Selama 3 hari (Tanggal 28-30 September 2015) Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Rakor Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD.IPI) yang dirangkai dengan kegiatan Bimbingan teknis Calon Tenaga Pengajar Perpustakaan, bertempat di Ruang Balai Pustaka, Lantai II Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur.

Kegitan Bimtek di buka oleh Kepala Badan Perpustakaan Provinsi  Kalimantan Timur, Ibu Drs.H.Sri Sulasmi Retno W., M.Si. didampingi oleh Bapak Drs. H. Sumindar, M.Si, Ketua PDIP Kaltim dan Kabid. Pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur. dengan menghadirkan Widyaiswara dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI.

Adapun Materi yang diberikan pada kegiatan bimtek ini adalah :
  1. Membuat Rancang Bangun Pembelajaran Mata Diklat (RBPMD) atau Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) 
  2. Membuat Satuan Pembelaran (SAP) atau Rencana Pembelajaran (RP) 
  3. Menyusun Bahan Ajar 
  4. Manajemen Kelas 
  5. Praktek Mengajar dengan Presentasi
Pada kegiatan Bimtek kali ini diikuti oleh ± 38 Pustawan yang berasal dari Kabupaten dan kota yang berada di Kaltim . Bagi peserta Bimtek yang mendapatkan point tertinggi dan dianggap mumpuni untuk menjadi tenaga pengajar nantinya akan dijadikan tenaga pengajar dikegiatan bimtek atau diklat yang dilaksanakan oleh Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur.



Bagi yang ingin mengetahui materi Diklat TOT Pustakawan dapat di lihat dibawah ini :