Observasi Lapangan Diklat Pola 110 Jam Pada SMP YPK Bontang dan KPAD Bontang


Rabu, 28 Oktober 2015, seluruh peserta diklat pola 110 jam mengikuti kegiatan Observasi Lapangan ke Bontang dengan Tujuan tempat OL adalah SMP YPK Bontang dan KPAD Bontang. Dengan Menggunakan Bis Wisata yang disediakan oleh Panitia Pelaksana Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, peserta dan pendamping kelompok berangkat menuju Bontang pada pukul 07.00. Turut mendampingi kegiatan OL Bapak Drs. H.Sumindar, M.Si Drs.  Ketua PDIP Kaltim dan Kabid. Pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur

Observasi Lapangan pada Diklat Pola 110  adalah metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat dan langsung di lapangan atau lokasi penelitian. Dalam hal ini, peneliti dengan berpedoman kepada desain penelitiannya perlu mengunjungi lokasi penelitian untuk mengamati langsung berbagai hal atau kondisi yang ada di lapangan. Penemuan ilmu pengetahuan selalu dimulai dengan observasi dan kembali kepada observasi untuk membuktikan kebenaran ilmu pengetahuan tersebut. khususnya di Bidang Perpustakaan, baik dari segi layanan, otomasi, sarpra dan anggaran sebuah Perpustakaan yang sudah terkelola dengan bak.

Tujuan Observasi Lapangan bagi peserta diklat adalah agar dapat memperoleh gambaran tentang pengelolaan sebuah perpustakaan yang sudah terakreditasi dngan nilai Bagus. Dari hasil observasi kita akan memperoleh gambaran yang jelas tentang masalahnya dan mungkin petunjuk-petunjuk tentang cara pemecahannya. Jadi, jelas bahwa tujuan observasi adalah untuk memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan atau tempat penelitian.

Pada kegiatan OL ini peserta diklat dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masing beranggotakan  8 orang dengan judul makalah yang berbeda. setelah melaksanakan OL tiap kelompok wajib membuat makalah hasil Observasi Lapangan dan mempresentasikannya pada hari terakhir diklat untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta setelah mengikuti diklat ini.