Workshop Pendampingan Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Dasar Rintisan Provinsi Kalimantan Timur

Ditulis Oleh : Yenny Dwi Seviawati, ST

Agar Implementasi kurikulum 2013 bagi sekolah dasar rintisan berjalan dengan baik dan lancar, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan workshop pendampingan kurikulum 2013 dan penyaluran Bansos bagi Kepala Sekolah Dasar rintisan provinsi Kalimantan Timur dan Yang dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 9 Oktober 2015 bertempat di Hotel Grand Sawit, Samarinda.

Tujuan dari kegiatan ini secara umum dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya Implementasi Kurikulum 2013 pada sekolah dasar rintisan Pemerintah (sekolah sasaran) secara efektif dan efisien dengan memungkinkan pelibatan sekolah dasar pelaksana kurikulum 2013 secara mandiri.

Peserta dari kegiatan ini terdiri dari 46 kepala sekolah dasar rintisan pemerintah se provinsi Kalimantan Timur, salah satu peserta adalah Bapak Drs. H. Supriyadi,SE selaku kepala sekolah SD ISLAM BUNGA BANGSA SAMARINDA. Karena berdasarkan SK Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 022/H/KR/2015 tentang Satuan Pendidikan yang melaksanakan Kurikulum 2013 maka secara resmi SD ISLAM BUNGA BANGSA menjadi Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013. 
Narasumber kegiatan ini adalah Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Tim pengembang Kurikulum Provinsi Kaltim, Tim Pembina Provinsi, FKIP Unmul Samarinda. Salah satu Narasumbernya adalah Ibu YENY DUWI SEVIAWATI, ST yang merupakan TIM PEMBINA PROVINSI dan selaku WAKA. KURIKULUM di SD ISLAM BUNGA BANGSA. Materi yang disampaikan dalam kegiatan adalah Penggunaan Dana Bansos, Pola pendampingan, kegiatan monitoring dan evaluasi, Manajemen Sekolah, peran serta masyarakat, Penilaian dan format rapor Kurtilas serta penandatanganan Surat Perjanjian Bansos Pendampingan Kurikulum 2013. 

Dalam kegiatan ini Ibu Yeny Duwi Seviawati, ST memaparkan materi pola pendampingan implementasi kurikulum 2013 dan materi monitoring dan evaluasi. Dalam hal ini Ibu Yeny Duwi Seviawati, ST adalah salah satu TIM Monitoring dan evaluasi implementasi sekolah dasar se-Kalimantan Timur, dan TIM Pembuatan Intrumen Monitoring dan evaluasi. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi akan dilaksanakan di bulan november. 

Merupakan kebanggaan dan kebahagiaan yang tak terkira bagi WAKA. KURIKULUM untuk andil dan menyumbangkan pemikiran serta memberikan nama baik untuk SD ISLAM BUNGA BANGSA dengan menjadi TIM PEMBINA PROVINSI DAN TIM MONEV Sekolah Dasar di Kalimantan Timur. Kegiatan pembukaan di laksanakan pada hari rabu malam, dimana pada sambutannya bapak Kasi Kurikulum yaitu Bapak Drs. M. Syapri, M.Si menyampaikan 10 sekolah dasar yang lolos visitasi dan mengikuti presentasi di Padang Pada tanggal 2 November 2015, salah satunya adalah SD ISLAM BUNGA BANGSA SAMARINDA. MAJU TERUS SD ISLAM BUNGA BANGSA