Juara 1 Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015 Tingkat Nasional Ibu Dyan Widya Agustina, MA Guru SD Islam Bunga Bangsa

Dokumentasi : Ibu DYan Widya Agustina, MA

Hari yang dinanti pun tiba  setelah melewati jadwal yang padat dari rangkaian Kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2015 telah mencapai puncak penyelenggaraan. Sebanyak 99 orang ditetapkan sebagai pemenang dari berbagai kategori dan jenjang pendidikan. Provinsi Jawa Tengah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 20 medali.

Salah satu diantaranya merupakan Guru SD Islam Bunga Bangsa meraih Predikat Juara 1 pada Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015, dialah Ibu Dyan Widya Agustina, MA, sebagai satu-satunya wakil dari Kalimantan Timur.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap prestasi dan dedikasi guru dan tenaga kependidikan. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia dalam mewujudkan bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter, dan mampu bersaing dalam pergaulan internasional.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi. Namun, Bapak dan Ibu semua yang hadir di sini sesungguhnya sudah termasuk guru berdedikasi dan berprestasi," kata Mendikbud saat acara pembukaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi di Jakarta, Rabu malam (18/11/2015).
Ia mengatakan, guru adalah kunci dalam ekosistem pendidikan. Seorang guru bisa mengubah hidup siswa dan mengubah kehidupan bangsa. Karena itu ia meminta para guru dan tenaga kependidikan yang terpilih sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi, dapat menularkan semangat dan idealismenya kepada rekan-rekan sesama guru dan tenaga kependidikan di lingkungan sekitarnya.

Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi merupakan ajang untuk menuangkan ide, gagasan, dan mencari pemecahan isu atau permasalahan strategis tentang pendidikan. Tahun ini Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi diikuti sekitar 900 peserta yang terdiri dari guru/tutor, kepala sekolah, pengawas dan widyaiswara dari jenjang TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK. 
Jenis kegiatan/lomba terdiri dari penilaian guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk jenjang TK, SD, dan SMP, termasuk tutor paket A dan tutor paket B. Kemudian ada juga Lomba Kreativitas Guru SD dan SMP dan Lomba Inovasi Pembelajaran tingkat SD dan SMP, serta guru daerah khusus. Sedangkan pada jenjang SMA/SMK terdiri dari penilaian guru, kepala sekolah, pengawas dan tutor paket C. Selain itu untuk guru SMALB melalui Lomba Kreativitas Pembelajaran Guru PKLK Pendidikan Menengah, Kepala SMALB, dan guru pendidikan menengah berdedikasi, serta penilaian untuk widyaiswara. Total pemenang untuk semua kategori dan jenjang pendidikan berjumlah 99 orang

“Para guru dan tenaga kependidikan yang terpilih nanti perlu ingat bahwa di pundaknya kini terletak peran tambahan, yaitu sebagai agen perubahan,” tutur Mendikbud. 900 guru yang menjadi finalis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tahun 2015 mengikuti beberapa rangkaian kegiatan selama berada di Jakarta. Selain mengikuti acara final atau penilaian lomba pada 18-21 November, sebagian dari mereka juga mengikuti rekaman program Mata Najwa di Studio MetroTv dengan tema Hari Guru Nasional pada Jumat, (20/11/2015). Rekaman tersebut akan ditayangkan pada Kamis, (26/11/2015). Kemudian esok hari, Minggu, (22/11/2015), para guru akan diajak berwisata di ibukota.



Baca Juga :
Pengumuman Lomba/Daftar Pemenang
Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi