Juara Harapan 3 Tingkat Nasional, Budaya Mutu Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

Laporan :  H. Supriyadi, SE dan Elin
Dokumentasi : Elin Nurmi Murahati

Ujung Kiri Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa saat menerima Penghargaan
Setelah melalui beberapa proses penjurian sejak tanggal 02 Nopember 2015 hingga tanggal 05 November 2015, Akhirnya SD Islam Memperoleh Peringkat Harapan 3 Lomba Budaya Mutu Sekolah Kategori Budaya Mutu Perpustakaan Sekolah, Trophy dan Hadiah, diterima langsung oleh Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa, Bapak H. Supriyadi, SE,

Ucapan terima kasih kepada Ibu Rachmawati (Kanit Perpustakaan SD Islam Bunga Bangsa) dan Ibu Siti Daulitah Abadi Yanti (Staf Perpustakaan) yang telah membuat program dan menjalankan program-program perpustakaan dengan sangat baik hingga saat ini. dan dukungan semua guru yang telah mendukung Program Perpustakaan.

Pemilihan ini difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school), dengan tetap memberikan apresiasi kepada sekolah yang memperlihatkan katergori tertentu dari mutu yang dinilai. Kategori ini yaitu :
1) Budaya mutu pembelajaran,
2) Budaya mutu ekstrakurikuler kesenian,
3) Budaya mutu manajemen berbasis sekolah serta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat,
4) Budaya mutu pengelolaan perpustakaan sekolah

Grand Final diikuti 28 Propinsi, 128 finalis Kepala Sekolah SD, 88 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan 28 Dinas Pendidikan Provinsi.. Untuk kategori juara whole school adalah sekolah-sekolah terbaik dari 4 kategori diatas.

Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional telah berhasil menjaring pemenang sebanyak masing-masing enam pemenang di kelompok SD Negeri dan SD Swasta, yang terbagi lagi di masing-masing enam kategori yaitu 1. Juara Aspek Budaya Mutu pembelajaran, 2. Juara Aspek Budaya Mutu Ekstrakurikuler, 3. Juara Aspek Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah, 4. Juara Aspek Budaya Mutu Perpustakaan, 5. Juara Aspek Olahraga, dan 6. Juara Lomba Budaya Mutu Sekolah (Whole School). Kemudian ada tambahan pemenang dari kategori Sekolah Dasar Percontohan, sehingga keseluruhan pemenang berjumlah 18 orang. Juara umum dalam Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015 diraih Provinsi Jawa Timur.

Kontingen Kaltim meraih 5 kategori.
1. Kategori ekskul Harapan 3. SD YPPSB Sangata
2. Kategori pembelajaran, Juara 2 SD Vidatra Bontang
3. Kategori MBS, Juara 3 SDN 03 Balikpapan
4. Kategori Pengelolaan Perpustakaan Harapan 3. SD Islam Bunga Bangsa.
5. Whole School, juara 3 SD Kemala Bhayangkari Balikpapan


Lomba Budaya Mutu di Padang ini adalah yang kedua. Tahun 2016 direncanakan Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah acara lomba budaya mutu.

Penilaian Tahap 3 : Grand Final (Bobot 30%), Pada penilaian ini peserta dinilai melalui presentasi dan wawancara lomba budaya mutu yang diikuti peserta. dengan kategori penilaian Grand Final adalah :
  1. Presentasi dan Wawancara Penilaian dilakukan kepada peserta lomba untuk 6 Kategori. Presentasi dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara lebih mendalam serta menilai kapasitas kepemimpinan dan managerial tentang budaya mutu sekolah, dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi pendidikan karakter di masing-masing sekolah. Waktu presentasi dan wawancara 30 menit dengan rincian 10 menit paparan, 20 menit tanya jawab dan wawancara untuk mendalami, mengklarifikasi, mengeksplorasi temuan-temuan pada data yang telah dikirimkan dan hasil visitasi. 
  2. Pameran Poster Selain melakukan presentasi peserta wajib membuat poster dengan berbagai kreasi sekolah yang berisi pelaksanaan program budaya mutu di sekolah masing-masing yang didukung dengan foto/film/video kegiatan program budaya mutu. Poster di buat pada kertas karton dan atau bahan lain yang memungkinkan untuk dibawa dan di pajang dengan ukuran minimal A1 (ukuran kertas manila). Poster akan menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menentukan pemenang. 
  3. Menetapkan Peringkat SD Berbudaya Mutu Terbaik Berdasarkan hasil presentasi lomba budaya mutu di sekolah dasar, Tim Penilai menetapkan 6 (enam) peringkat SD Berbudaya Mutu Terbaik di Sekolah Dasar untuk masing-masing kategori lomba.
Saat ini setelah kemenangan diraih yang menjadi prioritas utama adalah "Istiqomah" terhadap program yang telah berjalan.

Bravo TIM SD Islam Bunga Bangsa