Monte Karlo Parti (Monopoli Kartu Kwartet 2013 Ok dan Papan Penuh Arti) membawanya Melaju ke Tingkat Nasional Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015



Dyan Widya Agustina, MA. seorang guru kelas 2 tematik dan Guru Bahasa Inggris disekolah Islam Bunga Bangsa mewakili Kalimanatan Timur, maju ke Tingkat Nasional dalam Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Kemendikbud. Monte Karlo Parti (Monopoli Kartu Kwartet 2013 Ok dan Papan Penuh Arti) membawanya Melaju sebagai Finalis Tingkat Nasional Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015. Ibu Dyan merupakan satu-satunya wakil dari Kalimantan Timur.

Media yang menggunakan permainan merupakan media pembelajaran yang patut dijadikan pilihan karena permainan selalu dekat dengan siswa ditingkatan manapun, terlebih lagi ditingkatan dasar. Menggunakan permainan akan memungkinkan siswa tertarik pada mata pelajaran yang mungkin dianggapnya kurang perlu dan kurang menarik (Suryani, 2010). Sembari bermain, siswa akan mampu memahami materi yang dibaca dan didengarnya tanpa disadarinya, interaksi yang dilakukan siswa dengan teman-temannya akan memungkinkan meningkatnya pemahaman dan memupuk kemampuan kerjasama (Syahputra, 2002). Menggunakan permainan dalam pembelajaran memungkinkan guru untuk menjadi fasilitator dan melekatkan kegiatan pembelajaran sebagai proses fokus siswa. Proses inilah yang membuat ibu Dyan coba dengan usaha mendesain dan merancang media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. 

Monte Karlo Parti merupakan akronim dari “Monopoli dan Kartu Kwartet Kurikulum 2013 OK dan Papan Penuh Arti” adalah media pembelajaran berbasis tiga permainan yang populer bagi siswa, yaitu monopoli, kartu kuartet dan board game yang menempatkan proses permainan dan peraturan yang memungkinkan siswa belajar sambil bermain. Seperti yang disampaikan (Astie Kusumah, 2010:25), “permainan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran jika mengandung pembelajaran didalamnya”. Monte Karlo Parti adalah monopoli, kartu kwartet dan board games yang telah dimodifikasi bentuk dan isinya, dengan tetap mempertahankan tata cara dan aturan main yang dirancang khusus untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Tema 3-Peduli Terhadap Mahkluk Hidup. Materi yang digunakan dalam Monte Karlo Parti ini sepenuhnya merupakan materi yang diambil dari sebaran kompetensi dasar dan materi yang diambil dari buku siswa dan buku guru edisi revisi pada Tema 3-Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang telah disediakan dan disebarluaskan oleh pemerintah. Ucap Ibu Dyan

Kami Berharap semoga di Jakarta nanti Ibu Dyan Widya Agustina dapat memberi hasil terbaik dan masuk 3 besar dalam Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015 ini.