Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia, Pembelajaran Tematik Kelas 5 Cordoba

Senin, 01 Februari 2016, siswa(i) Kelas 5 Cordoba, SD Islam Bunga Bangsa dengan didampingi guru walikelas ibu Idawati, S.Pd mengadakan kegiatan pembelajaran di Ruang Perpustakaan untuk memcari materi Kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia.

Tiap siswa telah dibagi dalam lima kelompok, dan masing-masing kelompok mencari materi :
1. Kerajaan Samudra Pasai
2. Kerajaan Banten
3. Kerajaan  Cirebon
4. Kerajaan Demak
5. Kerajaan Kutai Kartanegara.

Pada Tugas ini Siswa menuliskan sejarah berdirinya kerajaan, pemimpin kerajaan, dan daerah asal kearajaan tersebut.

Ibu Ida Menjelaskan  pedagang-pedagang dari Gujarat (India) yang aktif menyiarkan agama Islam di kepulauan Nusantara. Perlu diketahui bahwa pedagang-pedagang Gujarat sejak abad ke-10 telah menganut Islam.Agama-agama Islam mula-mula berkembang di kota-kota dagang atau disekitar bandar tempat persinggahan pada pedagang Islam. Daerah yang mula-mula menjadi daerah Islam adalah Perlak dan Samudra Pasai. Kemudian meluas ke pulau Jawa seperti Gresik. Tuban, Demak, Cirebon dan Banten. Seharusnya ke pulau lainnya (Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan sebagainya).

Berkembangnya agama Islam secara cepat dan meluas di Indonesia terutama di daerah pesisir karena adanya kontak dagang antara pedagang Islam dengan pedagang Indonesia. Para pedagang Islam dari Gujarat dalam menyiarkan agama Islam dengan cara bijaksana dan tanpa paksaan atau kekerasan. Sehingga banyak pedagang maupun penduduk Indonesia pada masal lampau yang tertarik kepada Islam. Selain itu ajaran Islam tidak mengenal kasta.