Asyiknya Wisata Belajar ke Ladaya Tenggarong

Laporan Oleh : Abadi Yanti
Dokumentasi : Hustiani Mandasari dan Abadi Yanti


Selasa, 08 Maret 2016, Siswa(i) Level 5 Kelas Granada, Cordoba, Sevilla dan Valencia mengadakan kegiatan wisata belajar dengan tempat tujuan "Ladang Budaya" atau biasa disebut Ladaya yang terletak di Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Berangkat dan berkumpul disekolah pada jam 07.30 wita, sebanyak 3 bis membawa siswa(i) menuju lokasi ytang dituju. ± 2 jam perjalanan rombonganpun tiba di Ladaya pada pukul 09.30 Wita.

Rombongan disambut oleh penyelenggara out bound dan siswapun kemudian di breafing untuk mengetahui aturan bermain dan lintasan apa saja yang akan mereka lewari. games-games seru yang dikemas secara apik dan menarik serta dibarengi soal-soal yang wajib mereka jawab. beragam lintasan harus mereka lewati mulai dari lintasan merayap, memanjat tali, melintasi jembatan, melewati titian batu diatas air serta flying fox.

Ladaya terkenal karena area outbond, Mini Zoo, Paint Ball, Rumah Adat Lamin dan Bangunan uniknya. beberapa satwapun ada di mini zoonya, yaitu burung langka semisal burung merak, betet dan enggang ada disana, kita juga bisa menyaksikan beruang serta monyet yang bermain dalam kandang.Biaya masuk pun cukup terjangkau Rp.10.000,-/orang. Ladaya Lanjong merupakan wahana outdoor di Tenggarong, Kutai Kartanegara, yang menyuguhkan sesuatu yang berbeda. yang didirikan pada tahunl 2015 lalu, tercatat turis dari belasan negara. telah berkunjung disini untuk menyaksikan panggung seni yang rutin dilaksanakan di Ladaya.