Seminar Ilmiah dan Musda Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Kalimantan Timur 2016

Bertempat di ruang Aula Balai pustaka sebanyak ± 100 pustakawan yang berasal dari instansi dan sekolah yang berasal dari kabupaten kota yang ada diwilayah Provinsi Kalimantan Timur, menghadiri
Undangan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI)  Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur pada acara Seminar Ilmiah dan Musyawarh Daerah PD.IPI Kaltim Tahun 2016.


Acara Seminar Ilmah dan Musda di buka oleh Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Dra. Hj. Ardiningsih, M.Si


Pada kegiatan hari ini Acara pertama diisi Seminar Ilmiah dengan tema "PERAN ETIKA PROFESI BAGI NDUKUNGAN STRATEGIS PROFESIONALISME PUSTAKAWAN"  yang disampaikan Oleh Bapak Drs. Supriyanto, M.Si Pustakawan Ahli Utama, Perpusnas RI Jakarta yang juga merupakan Pembina PP IPI dan Staf Pengajar FTI Universitas YARSI. “Tatkala peran pustakawan sebagai mediator (fasilitator) bagi ketersediaan informasi keperluan pemustaka, terdistribusi dengan baik, lancar dan berkelanjutan pastinya perpustakaan dan pustakawan harus lebih dekat dengan masyarakatnya. Itulah profesionalisme dengan  prospek masa depan bagi yang memiliki keahlian dan keterampilan tertentu dalam bidangnya, yaitu kepustakawanan, meliputi: pengelolaan perpustakaan, pelayanan dan pengembangan system kepustakawanan didukung dengan baik pilar-pilar profesi seperti ilmu (kepustakawanan), organisasi profesi, etika profesi, dan bermuara pada pengakuan masyarakat (aktualisasi diri) sebagai hasil akhir dukungan strategis bagi profesionalisme pustakawan. Untuk itulah seorang pustakawan sepantasnya mengedepankan strategi pengembangan dengan: kesadaran, cita-cita, ilmu pengetahuan dan tekad sebaga satu kesatuan yang utuh”. Ucap Bapak Supriyanto dalam sambutannya.

Setelah acara seminar Ilmiah, Pada kesempatan ini juga pengurus PD IPI menyampaikan laporan pertanggung jawaban pengurus periode 2013-2016 dan dilanjutkan dengan pemilihan pengurus baru dan diperoleh kepengurusan yang baru dengan susunan sebagai berikut :
- Ketua PD IPI Provinsi Kalimantan Timur : Bapak Daldiri, S.Kom, M.M
- Sekretaris Bapak Drs Mahrut Nababan
- Bendahara Ibu Dra. Kusiatun

Harapan Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Dra. Hj. Ardiningsih, M.Si saat melantik pengurus PD IPI yang baru agar amanah dan kegiatan diklat, bimtek serta seminar lebih sering diadakan untuk meningkatkan keterampilan para pustakawan khususnya yang berada diwilayah Provinsi Kalimantan Timur.