Rapat Konsolidasi Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Prov. Kalimantan Timur


Jum'at, 25 November 2016, bertempat di Ruang Balai Pustaka Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur menghadiri Rapat Konsolidasi Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kalimantan Timur. Bertempat di Ruang Balai Pustaka Prov. Kaltim, yang dihadiri sebanyak ± 50 peserta yang terdiri dari dewan pembina, pengurus hingga tamu undangan. dengan agenda sosialisasi AD/ART GPMB dan diskusi perumusan program utama GPMB Prov. Kaltim.

Rapat dibuka oleh sekretaris GPMB Bapak Muhammad Taufiq M.Si yang juga merupakan Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur dilanjutkan pengarahan dari ibu Dra. Hj. Ardiningsing, M. Si selaku Dewan Pembina GPMB, dan sambutan oleh ibu Hj. Encik Widyani, SKM, MQIH selaku Ketua Umum GPMB. Rapat GPMB yang digelar  dihadiri sekitar 50 peserta mulai dewan pembina, pengurus, hingga undangan.

Secara garis besar Harapan Ketua Umum GPMB agar pengurus Daerah dapat merumuskan program dan kegiatan pemberdayaan kegemaran membaca dan bersinergi dengan program Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur dan berharap Pengurus Daerah GPMB dapat menciptakan peluang dan kreatif dalam mengali sumber-sumber pendanaan untuk mendukung pelaksanaan program dan kegiatan GPMB Kaltim.

Uraian program kegiatan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca diantaranya :
  1. Sosialisasi pembentukan GPMB di kabupaten/kota, yakni melalui pendistribusian anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). 
  2. Pembudayaan Kegemaran membaca melalui pembentukan dan pengembangan kampung literasi, menyelenggarakan kampanye minat baca melalui story telling, lomba kepenulisan, lomba menggambar/mewarnai, GPMB Go To School, dan Pameran Buku, Seminar minat baca, serta parenting class 
  3. Pengkajian minta baca melalui survei Kondisi minta baca generasi "Digital Native", monitoring dan evaluasi pendayagunaan perpustakaan keliling di Kaltim. 
Bapak Drs. H. Sumindar, M.Si, selaku Anggota pada dewan Pembina GPMB yang juga merupakan Kabid. Pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan  agar seluruh program dapat berjalan, berharap Ibu Hj. Encik Widyani yang dalam hal ini sebagai Ketua Umum GPMB dan juga merupakan Ketua Dewan Pendidikan Kalimantan Timur ,kelak dapat menciptakan peluang dalam menggali sumber pendanaan untuk mendukung pelaksanaan program yang sudah disusun sehingga dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Pengukuhan Pengurus Daerah GPMB Kaltim oleh GPMB Pusat rencananya akan di laksanakan pada bulan Februari 2017 mendatang.

Komentar