Sosialisasi Aplikasi Perpustakaam Digital Kaltim (iKaltim) Oleh Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur


Rabu, 14 Desember 2016, bertempat diruang Pustaka Utama Badan Perpustakaan Prov. Kaltim berlangsung kegiatan sosialisasi Perpustakaan Digital Kaltim melalui sebuah aplikasi yang bernama iKaltim. Softlaunching aplikasi perpustakaan digital telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2016 oleh Gubernur Kalimantan Timur Bapak Awang Faroek, bertempat di Samarinda Convention Center beberapa waktu yang lalu. Acara sosialisasi dihadiri ± 100 Undangan yang terdiri dari Kalangan Pelajar, Mahasiswa, Pustakawan, Guru dan Beberap staff dari instansi pemerintah.

Melalui Aplikasi Ikaltim masyarakat dapat mengakses ribuan buku secara gratis tanpa batas ruang dan waktu melalui smartphone yang dimiliki, sehingga aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pendidikan literasi bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan Kaltim maju dan Cerdas.

Acara sosialisasi di buka oleh Bapak Muhammad Taufiq M.Si Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur. selaku ketua panitia dan sambutan disampaikan oleh Kepala Badan Propinsi Kalimantan Timur ibu Dra. Hj. Ardiningsing, M. Si harapan beliau dengan hadirnya aplikasi iKaltim ini, masyarakat semakin cerdas karena memiliki kemudahan untuk mengakses ribuan buku yang telah disediakan oleh iKaltim. Penjelasan mengenai iKaltim secara garis besar disampaikan oleh bapak Lasmo Sudharno Founder MOCO PT. Woolu Aksara Maya yang membuat aplikasi iKaltim

"Layaknya perpustakaan pada umumnya, aplikasi iKaltim juga menerapkan sistem pinjam dan kembali untuk setiap buku. Untuk meminjam buku, pengguna cukup mendaftarkan email atau akun media sosial yang dimilikinya". Jelas Pak Lasmo kepada undangan yang hadir.

Setelah langkah tersebut, pengguna bisa langsung menikmati buku yang diinginkan. Kategori buku yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari Agama, Makanan, Literatur, hingga Bisnis bisa dipilih pengguna.


Apabila tersedia, setiap buku yang dikehendaki bisa langsung dipinjam dengan cara mengunduhnya. Namun bila terbatas dan sedang ada yang meminjam, maka pengguna lainnya harus antre untuk membacanya. Kategori buku yang tinggi peminat biasanya adalah fiksi dengan pengarang populer.

Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ikaltim sanghat menarik, Ayo..!" segera  Unduh aplikasinya pada Play Store di Smartphone kamu dan dapatkan kemudahan mengaksesnya.

Baca Juga

Komentar