Pemanfaatan Teknologi dan Media Interaktif Pada Pengenalan Bangun Ruang, Bangun Datar, Manfaat Makan Sayur dan Buah pada Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat Kelas 2 Utsman bin Affan SD Islam Bunga Bangsa Samarinda.



Ms Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Utsman bin Affan
Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda.

Pembelajaran di Kelas 2 Semester 2 Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat berisi tentang pengenalan bangun datar, bangun ruang, pola hidup sehat dirumah, disekolah, di masyarakat dan bagaimana menjaga hidup tetap sehat dan bersih dengan kebiasaan-kebiasaan hidup yang baik. 

Penggunaan video interaktif untuk materi-materi pembelajaran ini, adalah salah satu yang telah dilakukan di Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa. Penggunaan teknologi dan media bukan lagi hal baru di zaman yang serba digital sekarang ini, melibatkan teknologi dan media ke dalam kelas, merupakan salah satu alternatif pembelajaran agar lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Dengan penggunaan teknologi dan media yang tepat, suasana kelas akan berkembang menjadi praktik-praktik pembelajaran yang positif, seperti yang dikutip dari Adams, M.J (2011) dalam jurnalnya tentang Perkembangan Kemampuan Bahasa dan Literasi Anak melalui Teknologi. 

Proses pembelajaran dimulai dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu mengingatkan kembali nama-nama bangun datar, bagaimana cara menelaah sudut, sisi dan rusuknya; kemudian memperkenalkan bangun ruang dan nama-namanya. Video pilihan guru hari ini semi interaktif, dalam video disebutkan beberapa latihan soal yang bisa diselesaikan bersama secara klasikal. 
Manfaat makan sayur-sayuran berwarna seperti halnya telah dilakukan di kepala dengan pola diskusi dan ceramah, dibuka kembali dalam tontonan video pendek tentang makan buah dan sayur, dan manfaatnya untuk tumbuh kembang anak-anak.

Potongan film serial Upin dan Ipin dalam episode Daun Hijau, adalah penutup rangkaian kegiatan menonton video bersama yang selalunya dilakukan di perpustakaan; dalam video singkat ini, anak-anak juga dipaparkan tentang manfaat makan sayur dan buah-buahan bagi kesehatan mereka. 

Meskipun banyak sekali riset tentang manfaat melibatkan teknologi dan media digital ke dalam kelas, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikannya dalam melibatkan teknologi dan media ke dalam ruang kelas yang harus dipegang oleh para guru dan orangtua. Beberapa hal tersebut adalah tentang kepantasan materi video atau film yang harus benar-benar ditelaah sebelum dipakai didalam kelas, memenuhi kebutuhan siswa atau tidak, sesuai dengan usia mereka atau tidak, memancing rasa keingintahuan mereka atau tidak. Penggunaan teknologi media dalam bentuk apapun harus terintegrasi dengan baik dengan kurikulum dan kebiasaan-kebiasaan baik sehari-hari. Tidak berdiri sendiri dan tidak bertolak belakang dengan nilai-nilai yang dilakukan oleh siswa-siswi setiap harinya.

Penggunaan video dan media digital lainnya dengan internet yang bebas hendaknya dilakukan dengan pengawasan oleh guru dan orangtua, dan tidak dilakukan pada anak-anak dibawah usia 2 tahun, seperti yang direkomendasikan Hertz (2011).

Dari evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru setelah menonton video interaktif ini setiap satu pekan satu kali, anak-anak menjadi lebih bersemangat dan bersedia mengikuti aturan kelas dengan lebih baik. 


Komentar