Khotaman dan Imtihan Siswa(i) SD Dan SMP Islam Bunga Bangsa Tahun 2017

Berita  oleh : Ustadz Satran Maehadi, S.Pd.i
Photo By : Dyan Widya Agustina, MA

Sabtu, 25 Maret 2017, bertempat di Aula SD Islam Bunga Bangsa Islamic School, SD dan SMP Islam Bunga Bangsa kembali mengadakan Khataman dan Imtihan yang diikuti sebanyak 115  Siswa setelah mengikuti Tes akhir Al-Qur’an Munaqosah yang dilaksanakan pada tanggal 06-08 Maret 2017,  oleh TIM UMMI Foundation. yang diikuti sebanyak 115 peserta khotimin dan khotimat 70 peserta dari SD dan 45 dari SMP Islam Bunga Bangsa.

Acara yang diliput secara live oleh TV Islamic Center, ini dikemas elegan, sederhana dan melibatkan seluruh Civitas Sekolah, dengan hiasan latar Pohon Pisang yang memiliki filosofi "Takkan mati sebelum berarti, takkan binasa sebelum berjasa dan takkan hilang sebelum dikenang".  juga sekaligus  merupakan laporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an Siswa(i) di Lingkup Sekolah Islam Bunga Bangsa kepada orang tua wali santri. Acara Imtihan meliputi :
a. Prosesi Khataman (Pemanggilan seluruh Peserta Khotaman dan Imtihan)
b. Sambutan pihak sekolah, orang tua dan Tim Ummi 
c. Demo kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an
d. Uji publik kemampuan membaca, hafalan, bacaan ghoroib dan tajwid dasar Sama seperti prosesi khataman pada tahun sebelumnya, tamu undangan dapat memberi pertanyaan seputar ghorib, sambung ayat, tajwid dan lainnya kepada siswa(i) yang berada dipanggung. khusus pertanyaan ghorib telah disediakan slide praga ghorib dari halaman 1 hingga 24, sehingga wali siswa hanya memilih halaman yang diinginkan, kemudian siswa ditugaskan untuk membaca ayat pada halaman tersebut lalu menjelaskan ada pelajaran/ilmu tajwid apa yanag ada diayat tersebut. sesi tanya jawab dipandu oleh Ustad Fakhrur Razhi M.Pdi dari Ummi Foundation Surabaya.

e. Uji dari tenaga ahli Al Qur’an dari Tim Ummi dengan lingkup materi tertentu
- Memberi Penghargaan bagi Nilai Terbaik Munaqosah dan Tahfidz

F. Sambutan Oleh Wawali Kota Samarinda Bapak Nusyirwan Ismail yang mengharapkan agar pilar generasi Qur'ani yang telah dikembangkan oleh Bunga Bangsa dapat terus ditingkatkan. setelah memberikan sambutan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Nusyirwan

G. Pemberian Piagam kepada 115 Peserta  Khotaman dan Imtihan Tahun 2015 yang di Keluarkan Oleh UMMI Foundation Surabaya

Diakhir acara peserta Khotaman, Wali siswa dan seluruh civitas sekolah menikmati tumpeng bersama.





Komentar