Menumbuhkan Rasa Sayang Pada Lingkungan

Learning for Life

Menumbuhkan Rasa Sayang Lingkungan dengan Melakukan Pengamatan Langsung Terhadap Hewan Ternak dan Tumbuhan di Kandang Sapi dan Kebun Sekolah pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Makhluk Hidup di Sekitarku Kelas 2 Utsman bin Affan SD Islam Bunga Bangsa Samarinda.

Melakukan pengamatan secara langsung adalah salah satu proses menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna bagi siswa-siswi dan pembelajar secara umum. Menemukan sendiri jawaban dari berbagai pertanyaan yang diciptakan dari hasil diskusi dan penjelasan guru, dengan melakukan pengamatan langsung dari dekat akan memudahkan proses pemahaman yang lebih utuh dan bertahan sepanjang hidup. Rasa peduli terhadap lingkungan dan rasa sayang terhadap tumbuhan dan hewan ternak dan atau hewan peliharaan lainnya dapat ditumbuhkan dengan pembelajaran melalui cara ini (Markus, 2015).

Siswa-siswi kelas 2 Utsman bin Affan pada hari Jumat tanggal 24 Maret 2017, telah melakukan pengamatan ke kandang sapi dan kebun sekolah, didampingi oleh guru selama kurang lebih 2 jam pembelajaran. Diskusi siswa tentang apa ciri-ciri sapi dan manfaat yang diperoleh dengan memelihara sapi juga dapat ditemukan jawabannya secara langsung oleh siswa. Petugas pemeliharaan sapi di kandang juga menggenapi semua penjelasan tentang bagaimana cara merawat hewan peliharaan dengan baik.
Di kebun tanaman, siswa-siswi langsung ditemui oleh pembina Yayasan Bunga Bangsa, ibu Sri Anna Rusli, yang mengapresiasi kedatangan siswa di kebun tersebut. Siswa-siswi mencatat berbagai jenis tumbuhan yang dapat dipelihara, apakah memiliki buah dan bunga, dan bagaimana cara mereka berkembang biak. Siswa-siswi juga berkesempatan melihat langsung berbagai jenis bentuk tulang daun tumbuhan yang menjadi salah satu materi pelajaran di tema ini. Tanaman hidroponik yang ada di kebun ini juga tak luput dari pengamatan siswa.

Melakukan pengamatan secara langsung, adalah salah satu cara mendekatkan realia kepada siswa untuk membantu proses pembelajaran yang lebih dekat dan nyata. Menumbuhkan karakter penyayang dan peduli pada sekitar adalah salah satu karakter yang bisa ditumbuhkan dari kegiatan ini. Melewati jalanan yang berkelok secara berkelompok menimbulkan satu keasyikan belajar tersendiri. 

Belajar di waktu muda seperti mengukir tulisan di atas batu, akan melekat sepanjang hayat. 

A reflection

Ms Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Utsman bin Affan
Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda
#ozalum @AustralianAwardsIndonesia @DubesAustralia Asiafoundation Asiafoundation

Komentar