Visitasi Akreditasi SD Islam Bunga Bangsa Samarinda Tahun 2017

Jum'at, 03 Maret 2017 Berlokasi di Ruang Meeting SD Islam Bunga Bunga berlangsung penyambutan tamu yang diterima oleh Kepala Sekolah dan para Waka, Ketua Yayasan dan jajaran Manajemen Yayasan.

Tim akreditasi Sekolah Dasar disambut dengan tari enggang siswa kelas 5, dilanjutkan sambutan tahfidz suroh oleh Siswa kelas 6 SD Islam Bunga Bangsa dan sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa Ibu Yeny Duwi Seviawati, ST, penyambutan ditutup dengan sambutan Ketua Tim Akreditasi Bapak Soemadi. Dalam Sambutannya Beliau, menyampaikan Jika Tenaga Pengajar memiliki hati dan jiwa yang bersih, maka akan menghasilkan anak-anak yang berkualitas baik. 

Sudah beberapa minggu ini seluruh Tim Akreditasi yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah, disibukkan dengan kegiatan persiapan Komponen Penilaian Akreditasi, sesuai 8 Standar yang diminta. Adapun 8 Standar penilaian akreditasi sekolah terdiri dari :
1. Standar isi
2. Standar proses
3. Standar kompetensi kelulusan
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
5. Standar sapra,
6. Standar pembiayaan,
7. Standar penilaian.
8. Standar Pengelolaan

Selain Perangkat Akreditasi, Foto, CD, hasil karya siswa, Daftar hadir: daftar hadir harus ada untuk semua kegiatan di sekolah, baik rapat, kegiatan OSIS, workshop, lomba, pelatihan, bahkan sampai ke daftar hadir upacara. Dokumentasi lomba, kegiatan keagamaan, kegiatan out bond, notulen rapat, nota, kuitansi , surat tugas, ekspedisi, sertifikat, berita acara dll. yang terkait, harus disiapkan. 

Seluruh kegiatan baik akademik dan administratif harus sudah diprogramkan sebelumya, yang dibuktikan dengan program kegiatan,pelaksanaan kegiatan dan dilanjutkan dengan laporan dan tindak lanjut kegiatan. dalam bentuk bukti fisik laporan serta dokumentasinya.

Standar bukti fisik semuanya harus sudah direkap, dan dihitung persentase masing-masing komponen sebelum akreditasi dimulai sehingga penilai tinggal mencocokkan saja (tidak perlu menghitung lagi). Angka harus didukung oleh bukti fisik. Sekali lagi, untuk akreditasi A, usahakan bukti fisik yang memenuhi persyaratan  90 %.
Banyak juga ya yang harus di persiapkan untuk menghadapi penilaian akreditasi sekolah tapi kalo memang sudah tertib administrasi kita gak perlu khawatir, tinggal menunjukkan jejak administrasi dan kegiatan sekolah.

Semoga hasil yang kita dapatkan sesuai dengan harapan Kita bersama. yaitu A

Amin.

Untuk Mengetahui Hasil Akreditasi Sekolah di Propinsi Kalimantan Timur Link : http://www.ban-sm.or.id/provinsi/kalimantan-timur/akreditasi

Link Foto : Klik Disini

Komentar