Montase Daun dan Bunga

Learning for Life

Montase Daun dan Bunga Pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 Semester 2 Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan di Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda.

Montase adalah salah satu teknik menggambar dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia bentuknya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, montase yang berasal dari kata montage berarti : komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur beberapa sumber; karya sastra, musik, atau seni yang terjadi dari bermacam-macam unsur. Bahan untuk keperluan montase bisa menggunakan bahan alam maupun benda lain yang tersedia, misalnya potongan gambar dan majalah atau koran. Bahan alam seperti bunga, daun dan ranting dapat digunakan untuk membentuk gambar-gambar tertentu sesuai dengan keinginan pembuatnya. Montase juga dapat diartikan mengumpulkan potongan-potongan poto atau adegan yang dijadikan satu agar menjadi sebuah pola adegan baru. 
Teknik montase yang diajarkan di pembelajaran tematik di kelas 2 semester 2 tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan, menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam. Siswa-siswi diminta untuk menyusun dan me-reka-reka daun, bunga dan ranting menjadi bentuk gambar hewan tertentu. Siswa-siswi diperkenankan untuk mencari daun, ranting dan bunga sesuai dengan keinginan mereka dari lingkungan sekolah. Mencari bahan alam disekitar sekolah sebenarnya adalah hal yang mudah dan menarik bagi siswa, karena proses mengekplorasi lingkungan menjadi kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama teman-teman sekelas.

Pada gambar dapat dilihat siswa-siswi muncul dengan idenya masing-masing, membawa rumput, daun, bunga dan ranting pohon menjadi berbaga jenis bentuk binatang, sesuai dengan tema. Ikan cupang, ikan bandeng, kucing anggora, sapi, kelinci dan berbagai jenis binatang peliharaan dapat mereka bentuk dari bahan-bahan alami tersebut tanpa kesulitan yang berarti. Setelah membuat gambar dengan teknik montase, siswa diminta menentukan apa nama binatang tersebut, apa ciri-cirinya, apa makanannya, bagaimana cara perkembangbiakannya dan bagaimana cara merawatnya. Mendiskusikan dengan teman dalam satu kelompoknya adalah kegiatan selanjutnya, mereka membandingan hasil yang mereka buat dengan hasil yang dibuat oleh temannya. 

Teknik montase adalah salah satu dari banyak teknik untuk menggambar dengan teknik tempel selain kolase dan mozaik. Mengetahui apa-apa saja teknik yang bisa dilakukan untuk menggambar akan memberi ruang yang banyak pada siswa untuk berkreasi lebih luas. Pada pembelajaran tematik, dimana rangkaian keseluruhan pembelajaran dilakukan dengan mengalir, teknik menggambar dengan montase dapat digunakan untuk memulai pembelajaran dengan basis inkuiri terbimbing yang terikat dengan pembelajaran-pembelajaran lainnya, agar siswa-siswi mendapatkan pengalaman belajar, keahlian dan ilmu baru tanpa lupa menikmati proses belajar. 

Let the beauty of what you love be what you do - Rumi

A Reflection
Ms Dyan Widya Agustina Australian Embassy - Jakarta, Indonesia #Ozalum @AustraliaAwardsIndonesia 

Wali Kelas 2 Utsman bin Affan SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Komentar