Pelatihan Internal Peningkatan SDM SD Islam Bunga Bangsa


Acara pelatihan internal guru SDI Bunga Bangsa. Hari Selasa tanggal 11 Juli 2017 dengan materi bedah RPP, seluruh guru wajib membuat RPP sebagai scenario jalannya pembelajaran di kelas masing-masing, dan RPP di setorkan paling lambat tanggal 5 juli 2017. Untuk membuat scope dan sequence maka diperlukan bedah RPP dengan tujuan mencari indikator-indikator yang esensi di setiap jenjangnya sebagai pelaporan hasil belajar siswa per-3 bulan. Yang nantinya hasil belajar sesuai indicator tersebut akan dimasukkan dan dievaluasi melalui aplikasi sebagai bahan pengendali mutu pembelajaran di setiap jenjang.

Hari Rabu tanggal 12 Juli 2017 materinya pembuatan bahan Martikulasi Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Renang, Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Pembuatan bahan Martikulasi ini berkaitan dengan agenda MPLS dimana, Siswa SDI Bunga Bangsa dituntut untuk bisa berbicara Bahasa Inggris dan Bahasa Arab serta mampu berenang. Untuk diberikan Matrikulasi awal untuk melatih para siswa sehingga jaminan lulusan SDI Bunga Bangsa Tercapai dengan baik. Matrikulasi IPA< Matematika dan Bahasa Indonesia dilakukan di setiap jenjang berguna untuk mendeteksi kekuatan siswa pada 3 mata pelajaran tersebut. Sehingga pembelajaran kedepannya bisa berjalan dengan baik.

Hari Kamis 13 Juli 2017 materinya membuat bahan PLH dan Riset untuk tahun ajaran 2017/2018
akan aada PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) dan Riset dari jenjang kelas 1-6. Seluruh guru tematik membuat scope dan sequence materi PLH dan Riset. Dimana, bertujuan untuk melatih siswa berpikir kritis melalui uji coba dan penemuan serta melaporkan hasil penelitian kepada guru dan orang tua. Jenjang kelas 1,2,3 fokus kepada Riset sederhana, sedangkan jenjang kelas 4,5,6 fokus kepada PLH dimana mereka akan mengolah dan menghasilkan sebuah produk.

Hari Jumat 14 Juli 2017 Pembuatan Program Kerja seluruh kanit sekolah persiapan MPLS dan Standarisasi sekolah dimana bertujuan untuk membimbing dan menstandarkan program kerja di sekolah dan kegiatan sholat dari level 1-3 dan 4-6

Ditulis oleh  Yeny Dwi Seviawaty.

Komentar